Sukses

Manfaat Mengejutkan Gula Bagi Kesehatan Otak

Gula tak selamanya memberikan efek negatif. Salah satunya ialah bermanfaat untuk kesehatan dan kinerja otak.

Liputan6.com, Jakarta - Bila melihat kue yang cantik serta wangi roti yang dipajang di toko kue rasanya tak bisa dihindari. Apalagi makanan yang manis dipercaya untuk meningkatkan suasana hati ketika sedang tidak baik.

Padahal, kebanyakan konsumsi gula bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung dan darah tinggi. Uniknya, melansir dari Independent, Sabtu, 20 April 2019, ternyata gula tak selamanya membawa efek buruk.

Sebuah penelitian mengejutkan mengenai gula ternyata penting bagi otak. Namun, bukan gula yang terkandung dalam kue atau roti kesukaan Anda, tapi gula yang terkandung dari bahan alami.

Gula-gula tersebut yang berasal dari madu, sirup maple, dan buah-buahan. Gula alami tersebut bisa meningkatkan kesehatan otak Anda. Bila makan buah-buahan, hindari olahan buah seperti jus. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Gula

Dari 400 kalori yang dibutuhkan otak, hanya seperempatnya berasal dari gula yang dikonsumsi per hari. Hanya 125 gram gula alami yang dibutuhkan. Bila satu pisang terdapat 14 gram gula alami, Anda tinggal menambahkan sisanya.

Namun, otak Anda juga tak bisa bekerja dengan baik tanpa karbohidrat dan lemak. Konsumsi gula alami serta makan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup. Dengan begitu, otak Anda bisa sehat dan kinerja otak meningkat. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.