Sukses

Wisata Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi, Alternatif Traveling Murah dan Keren

Wonosobo menyimpan potensi wisata yang keren.

Liputan6.com, Jakarta Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini memang tidak terlalu populer seperti daerah lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Wonosobo dan Solo. Namun jangan salah Kebumen ini menyimpan pesona wisata yang tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Mulai dari wisata alam gua, air terjun hingga pantai ada di Kebumen.Wisata Kebumen masih tergolong asri alami dan tidak sepadat Bali atau Yogyakarta. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri, karena kamu bisa menikmati panorama alam Kebumen secara lebih leluasa, tenang, dan nyaman.

Wisata Kebumen langsung berbatasan dengan Samudera Hindia pada sisi sebelah selatan. Sementara pada bagian utara, Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara. Dimana panjang garis pantai di wilayah Kebumen hampir mencapai 53 kilometer.

Bisa dikatakan tempat wisata di Kebumen lebih didominasi oleh objek wisata pantai. Meski banyak wisata pantai di Kebumen, namun bukan berarti Kebumen minim potensi wisata lainnya. Berikut wisata Kebumen yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Alam Kebumen

1. Brujul Adventure Park

Wisata Kebumen yang satu ini masih dipenuhi dengan pepohonan dan bebatuan, cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan. Selain itu, objek wisata ini juga Instagramable.

Untuk memasuki lokasi wisata yang terletak di Desa Peniron, Pejagoan, Kebumen ini, kamu tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Hanya dengan membayar tiket sejumlah Rp3000 per orang, kamu sudah bisa menikmati indahnya hutan pinus dan pemandangan alam yang masih asri.

2. Bukit Jerit Kebumen

Wisata Kebumen ini masih berada di kawasan Ayah, bukit Jerit terletak di komplek wisata Pantai Pasir. Di bukit jerit ini, kamu bisa melihat samudera lepas dari atas perbukitan. Udaranya yang segar dan rerumputan yang rimbun menambah daya tarik dari objek wisata yang satu ini.

3. Bukit Pentulu Indah

Wisata Kebumen ini adalah tempat yang sangat cocok dijadikan lokasi berkemah. Lokasi ini menjadi banyak incaran wisatawan karena menyuguhkan pemandangan yang indah. Cukup dengan biaya masuk sebesar Rp 5000 dan biaya parkir sebesar Rp 2000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Selain tempat berkemah, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain, seperti fasilitas outbond dan flying fox.

4. Goa Jatijajar

Wisata Kebumen goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan telah ditemukan seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki tanah di atas goa tersebut.

Kala itu, Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh ke sebuah lubang. Ternyata, lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit goa. Lubang ini mempunyai garis tengah empat meter dan tinggi dari tanah yang berada di bawahnya 24 meter.

 

3 dari 3 halaman

Wisata Pantai Kebumen

5. Pantai Laguna Puring

Wisata Kebumen pantai tak hanya menawarkan air laut semata, di pantai Laguna Puring ini kamu bisa menikmati air tawar yang berasal dari aliran sungai di sekitarnya. Pantai yang juga memiliki hamparan rumput hijau di sekitarnya ini memang sangat unik dan indah, sehingga sangat wajib mengunjunginya saat berada di Kebumen.

Aliran sungai di sekitar pantai akan terlihat jelas saat kondisi pantai sedang surut. Sungai ini akan membentuk laguna yang indah dengan hamparan rumput hijau kekuningan di bagian tengahnya.

6. Pantai Surumanis

Wisata Kebumen pantai ini terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah dan berbatasan dengan Desa Srati Kecamatan Ayah. Untuk yang suka menantang adrenalin, berkunjung ke Pantai Surumanis bisa dicoba. Karena medan menuju ke sana cukup ekstrem dan penuh tantangan.

Jalan setapaknya kecil dan tanah berlumpurnya licin. Itulah sebabnya pantai ini jarang dikunjungi orang. Wisata Kebumen ini kamu bisa menikmati pantai layalnya pantai pribadi.

7. Pantai Menganti

Wisata Kebumen pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai ini memiliki pasir putih dan bersih dan berada di area perbukitan tebing karst. Pantai Menganti termasuk dalam Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing.

Daya tarik Pantai Menganti adalah hamparan pasirnya yang putih dan birunya laut dikelilingi bukit-bukit hijau dan tebing yang tinggi menjulang. Terdapat tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. Pada musim hujan, kamu dapat melihat keindahan tebing-tebing tersebut berhiaskan empat curug yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter.

8. Pantai Wedi Putih

Pasirnya yang putih dengan karang-karang yang besar, menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Pantai Wedi Putih berada di sekitar lokasi Pantai Karang Agung, dan bisa mencapainya dengan menuruni jalan setapak di perbukitan yang indah.

Wisata Kebumen ini menyuguhkan keindahan karang-karang yang menjulang tinggi, atau bisa juga untuk sekedar berendam di antara bebatuan besar ini. Suasana di pantai ini sangat tenang, sehingga cocok bagi yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.