Sukses

9 Spot Wisata Solo dan Sekitarnya Paling Recomended, Ada Taman Rekreasi dan Wisata Budaya

Liputan6.com, Jakarta Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota budaya. Selain tradisinya yang masih kental, potensi wisata Solo juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Destinasi wisata di Solo dan sekitarnya pun cukup beragam, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, edukasi, hingga hiburan yang pasti menarik untuk dikunjungi saat liburan. 

Ketika mengunjungi Solo, kamu bisa menikmati perjalanan keliling Solo dengan bus bertingkat Werkudoro. Kamu juga bisa menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu. Selain dua aktivitas seru tersebut, kamu juga bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata Solo. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (17/10/2018).

2 dari 6 halaman

Keraton Surakarta dan Pandawa Water World Solo Baru

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu tempat bersejarah yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II. Arsitektur bergaya Jawa dan Eropa membungkus Keraton Surakarta Hadiningrat. Area ini dipenuhi patung para dewa dewi yang bertebaran disetiap sisi ruangan. Di sebelah bangunan utama berdiri sebuah museum yang berisikan pusaka kerajaan, benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, tempat penyimpanan kereta kuda dan kusirnya, senjata kuno, keris dan benda antik lainnya. Tempat ini merupakan destinasi wisata Solo yang setiap harinya selalu ramai pengunjung.

Objek wisata Solo ini buka setiap hari Senin-Kamis pada pukul 09.00-14.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB dan hari Jum’at tutup.

2. Pandawa Water World Solo Baru

Taman rekreasi air ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Objek wisata Solo ini diresmikan pada tahun 2007 dan dibuat dengan konsep cerita pewayangan, dimana pada beberapa sudutnya terdapat patung tokoh-tokoh yang ada dalam dunia pewayangan. Seperti Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya. 

Objek wisata ini menyediakan 27 wahana permainan seru dan sayang banget jika dilewatkan. Diantaranya adalah wave pool, sight tower, slides, warm spa, areated spa, fantastic serta masih banyak wahana permainan seru lainnya. Objek wisata ini buka setiap pukul 08.00-18.00 WIB.

3 dari 6 halaman

Candi Cetho dan Kebun Binatang Taru Jurug

3. Candi Cetho

Candi ini terletak di jalur pendakian gunung lawu dan merupakan salah satu candi bersejarah. Untuk menuju tempat ini kamu bakal dimanjakan dengan keindahan alam perkebunan teh kemuning yang sangat hijau dan asri dengan udara sejuk, sehingga kamu bisa menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

Candi Cetho merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu. Hingga saat ini pada waktu-waktu tertentu sering ada aktivitas keagamaan di tempat ini. Candi Cetho terletak di wilayah Dusun Ceto, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang yang sudah ada sejak tahun 1870 silam ini terletak di Jalan Ir. Sutami No. 40, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Konsep wisata alam dan edukasi terlihat begitu kental sehingga pengunjung bisa menikmati waktu bersantai dengan rekreasi dan belajar, terutama tentang koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini. Selain berkeliling menyaksikan aneka satwa, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada seperti taman bermain, kereta mini dan juga pertujukan seni berupa reog atau kesenian lainnya.

4 dari 6 halaman

Agrowisata Sondokoro dan Galabo Solo

5. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata ini berjarak sekitar 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah. Pada awalnya area ini merupakan pabrik gula, namun kemudian dialihfungsikan menjadi objek wisata.

Suasana alam yang masih asri dengan pepohonan rindang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan karena menyajikan pemandangan yang menyejukkan. Di tempat ini juga, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti kolam renang dengan berbagai ukuran, spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan juga flying fox. Objek wisata ini buka setiap jam 08.00-17.00 WIB.

6. Galabo Solo 

Wisata Solo tidak lengkap tanpa menjelajahi wisata kulinernya yang menggugah selera. Nah, untuk mneyantap kuliner lezat kamu bisa Langsung saja menuju ke Galabo Solo yang merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo.

Di sepanjang jalan kamu akan menemukan aneka menu khas Solo yang bisa dicicipi sambil menikmati suasana malam di Solo. Pada akhir pekan biasanya ada pertunjukan live music yang membuat suasana malam semakin meriah. Wisata Solo ini buka mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

5 dari 6 halaman

Pura Mangkunegaran dan Museum Radya Pustaka

7. Pura Mangkunegaran 

Pura Mangkunegaran Surakarta atau juga biasa disebut Museum Rekso Pustaka, merupakan salah satu destinasi wisata Solo yang cukup populer. Di tempat ini kamu bisa melihat sejarah tentang abdi dalem Keraton Surakarta dari zamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa. Terdiri dari dua bagian utama pendopo dan dalem, yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Selain bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, kamu juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di lokasi ini. Wisata Solo satu ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

8. Museum Radya Pustaka 

Museum ini merupakan salah satu museum tertua yang ada di Indonesia dan cukup menarik untuk dikunjungi. Di museum Radya Pustaka kamu dapat menjumpai berbagai benda yang berhubungan dengan budaya Jawa seperti koleksi arca tua dan beberapa benda lain seperti gamelan jawa, gong, wayang, ukiran dll. Museum ini bisa ditemukan dengan mudah karena berada dijalur utama kota Solo tepatnya dijalan Slamet Riyadi. Museum Radya Pustaka buka mulai dari jam 8.30 - 13.00 pada hari Selasa sampai Minggu.

6 dari 6 halaman

Pasar Klewer

9. Pasar Klewer

Untuk kamu yang berniat memberikan oleh-oleh baju atau batik kamu bisa datang ke Pasar klewer. Pasar Klewer merupakan pasar kebanggaan masyarakat Surakarta. Lokasinya berada di Jl. Dr. Radjiman Solo, atau berada tidak jauh dari alun-alun lor Solo. Selain menjadi pusat batik terbesar di Asia, Pasar yang sudah ada sejak tahun 1942 ini juga menjadi salah satu pasar tertua di Solo.

Di pasar ini kamu bisa menemukan berbagai jenis kain, namun kebanyakan lebih didominasi oleh kain batik dengan beragam kualitas. Tak hanya kain batik asal Solo sendiri yang dijual di pasar Klewer, ada banyak jenis kain batik yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Pekalongan, Yogyakarta, Banyumas dan yang lainnya.

Album 'CYAN' Kang Daniel Sukses Rajai iTunes
Loading