Sukses

Manfaat Jambu Biji dan Daun untuk Kecantikan Wajah, Bisa Memutihkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan sudah jelas mampu memberikan manfaat kesehatan yang cukup signifikan bagi tubuh. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah jambu biji. Salah satu manfaat jambu biji adalah untuk menunjang kesehatan tubuh.

Pada buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan karoten yang di mana sangat bermanfaat bagi kulit. Oleh karena itu, jambu biji sering juga digunakan dalam pembuatan produk kosmetik untuk wajah.

Tak hanya buahnya yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, ternyata daun pada jambu biji juga memberikan khasiat yang luar biasa. Daun jambu biji terkenal bisa membantu mengatasi masalah diabetes, diare, maag, sariawan dan lain sebagainya. Namun bagaimana manfaat jambu biji pada daunnya untuk kecantikan wajah?

Nah, kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber terkait manfaat jambu biji dan daun untuk kecantikan wajah, Rabu (13/3/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Mengencangkan Kulit Wajah

1. Mengencangkan Kulit Wajah

Kamu bisa menggunakan daging dan biji jambu sebagai scrub dan masker wajah. Selain untuk menghaluskan kulit, ternyata jambu biji juga bisa mengencangkan kulit wajah. Menjadikannya sebagai scrub dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah, sehingga wajah kamu tampak lebih bersih, cerah, dan kenyal.

Kamu bisa menggunakan masker jambu biji dan scrub jambu biji ini seminggu dua atau tiga kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Toner

Jambu biji yang memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar, dan bebas dari kerutan. Manfaat jambu biji untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang.

Kualitas astringent dari jambu biji dapat menjaga kulit terbebas dari noda hitam, jerawat, keriput, dan bekas jerawat. Mencuci wajah dengan rebusan jambu mentah dan daun jambu, dapat mempercantik kulit kamu.

3. Anti Penuaan

Jambu biji sangat kaya akan vitamin A, B, C, dan potassium yang merupakan antioksidan yang baik dan juga berperan sebagai pendetoks tubuh. Buah ini dapat melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus.

Selain itu, kandungan likopen juga dapat melindungi sel-sel kulit yang masih sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh, karena masalah metabolisem dan pencemaran lingkungan. Ya, racun ini dapat menyebabkan penuaan dini dengan merusak DNA.

4. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat jambu biji lainnya adalah bisa melindungimu dari sinar UV. Ya, jambu biji mengandung dua kali lipat jumlah likopen yang juga terkandung dalam tomat.

Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan. Satu buah jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Bantu Hilangkan Keriput

Ya, tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi. Ternyata daun jambu biji juga ajaib untuk merawat kecantikan wajah.

Ternyata daun jambu biji sudah dipakai oleh perempuan India sejak dulu untuk menjaga kecantikan wajah. Soalnya, di dalam daunnya terkandung sifat analgesik, anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang bisa bantu untuk merawat kulit.

1. Menghilangkan Komedo

Kamu bisa menghilangkan komedo dengan daun jambu biji ini. Cara membuat dan mengaplikasikannya juga cukup mudah, seperti ini:

- Siapkan beberapa helai daun

- Bersihkan dan rebus sebentar

- Campurkan rebusan daun tadi dengan sedikit air dan bubuk kunyit

- Setelah itu, oleskan racikan tadi pada wajah dan gosokkan secara perlahan

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya secara rutin 2 kali seminggu, ya.

2. Mengurangi Jerawat

Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam daun jambu biji ini, mampu membantu menghilangkan sel penyebab jerawat. Selain itu juga membantu mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit wajahmu.

Cara membuat dan mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa daun jambu biji muda yang berada di bagian ujung. Kemudian bersihkan dan tambahkan sedikit air. Setelah itu remas-remas daun jambu hingga berbusa.

Oleskan airnya pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Mengatasi Keriput

Manfaat daun jambu biji untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa membantu menghilangkan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Ya, daun jambu biji ini bisa menangkal radikal bebas, sehingga mencegah penuaan dini,

Caranya cukup dengan merebus beberpa daun jambu biji untuk mendapatkan ekstraknya. Kemudian gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah dan memperbaikinya dari paparan sinar matahari.

4. Memutihkan Kulit

Memiliki kandungan antioksidan dan zat lainnya bisa membantu mengeluarkan sel kulit mati dan membunuh bakteri. Hal ini bisa membuat kulit menjadi halus dan sehat.

Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa daun jambu biji, sedikit kunyit, dan teteskan air mawar secukupnya. Gunakan racikan ini sebagai masker yang didiamkan selama 15 menit.

Kalau kamu menggunakannya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil kulit yang lebih halus dan sehat tentunya.

Wiranto Takjub Pendapatan Nelayan Tembus Rp 5 Juta Per Hari
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel, Mudah dan Bisa Jadi Bisnis
Artikel Selanjutnya
Cara Perpanjang Sim Online yang Mudah dan Efisien Tanpa Harus Antri, Cek di Sini