Sukses

6 Makanan Terenak di Dunia, Ada yang dari Indonesia

Kelezatan makanan terenak di dunia ini sudah diakui banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Tiap negara memiliki keanekaragaman budaya. Keragaman ini juga meliputi makanan khas negara atau daerah tersebut. Lazimnya, suatu makanan khas di suatu negara memiliki cita rasa tersendiri.

Tak jarang kekayaan kuliner yang ada berhasil memikat banyak lidah. Tak hanya masyarakat lokal, kuliner-kuliner ini juga diminati masyarakat di seluruh dunia. Makanan ini tak hanya terkenal di negaranya tapi juga telah mendunia.

Dengan ketenarannya membuat banyak orang menobatkanya sebagai makanan terenak di dunia. Banyak pihak yang kemudian mengeluarkan daftar makanan terenak di dunia seperti CNN travel, travelchannel, ranker dan masih banyak lagi.

Berikut makanan terenak di dunia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sushi - Jepang

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang telah lama populer di seluruh dunia. Sushi merupakan nasi yang dibentuk bersama neta atau lauk yang biasnya berupa makanan laut, daging, dan sayuran. Neta biasanya disajikan mentah namun tak jarang juga disajikan matang.

Nasi sushi memiliki cita rasa masam yang lembut karena dimasak dengan campuran beras, cuka, garam, dan gula. Asal usul sushi sendiri berasal dari kata sifat untuk rasa masam.

Sushi menjadi makanan terenak di dunia yang sudah diakui banyak orang. Sushi juga mudah ditemui di Indonesia. Anda bisa mencoba makanan asal Jepang yang telah mendunia ini di banyak tempat.

3 dari 7 halaman

Lasagna - Italia

Italia sudah pasti dikenal dengan aneka olahan pasta dan pizzanya. Salah satu jenis pasta yang paling terkenal adalah lasagna. Rupanya lasagna merupakan salah satu jenis pasta tertua di Italia, lho.

Lasagna merupakan pasta berlapis dengan saus tomat dan daging cincang yang dipanggang didalam oven. Pasta atau kulit lasagna terbuat dari tepung terigu. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.

Lasagna berasal dari Kota Naples, sama dengan tempat pertama kali pizza ditemukan. Lasagna merupakan kata pengganti majemuk untuk lasagne yang berarti satu lembar lapisan pasta.

4 dari 7 halaman

Rendang - Indonesia

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Rendang merupakan daging bercita rasa pedas yang diolah dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Proses memasak rendang dipanaskan berulang-ulang dan memakan waktu berjam-jam hingga tekstur daging berubah kering dan berwarna hitam pekat.

Rendang biasanya terbuat dari daging sapi. Namun saat ini sudah banyak versi rendang dalam berbagai daging seperti ayam atau ikan. Oleh masyarakat Minangkabau, rendang memiliki makna kebudayaan yang cukup tinggi.

Sejak tahun 2011 rendang masuk dalam daftar makanan terenak didunia versi CNN bahkan menduduki peringkat pertama.

5 dari 7 halaman

Tom Yum - Thailand

Tom yum atau tom yam merupakan salah satu jenis sup asam khas Thailand. Dalam beberapa tahun terakhir tom yum telah mendunia bahkan masuk dalam daftar makanan terenak di dunia.

Kata "tom yum" berasal dari dua kata Thailand. Tom mengacu pada proses merebus, sementara yum mengacu pada salad pedas dan asam Thailand. Tom yum identik dengan rasa pedas dan asam,

Kuah to yum dibuat dengan bahan-bahan segar seperti serai, daun jeruk purut, lengkuas, jus jeruk nipis, saus ikan, dan cabai merah yang dihancurkan.

Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

6 dari 7 halaman

Hamburger - Jerman

Hamburger adalah sejenis roti isi berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi daging, sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. hamburger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, acar, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan ham.

Banyak yang mengira hamburger berasal dari Amerika, nyatanya kata hamburger diambil dari kota asalnya yaitu Hamburg, Jerman. banyak penduduk Hamburg yang beremigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan hamburger di sana.

Hamburger telah tersebar secara global di seluruh dunia. Saat ini hamburger banyak dijual oleh jaringan restoran cepat saji di berbagai negara termasuk Indonesia. Rasanya yang lezat membuat hamburger menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

7 dari 7 halaman

Croissant - Perancis

Croissant atau dalam bahasa Indonesia disebut juga roti sabit adalah sejenis kue kering atau pastry yang berasal dari Prancis, dinamakan demikian karena bentuknya menyerupai bulan sabit.

Croissant terbuat dari adonan tepung dan ragi berlapis. Adonan dilapisi mentega, digulung dan dilipat beberapa kali berturut-turut, kemudian digulung menjadi lembaran, teknik ini disebut juga laminating. Proses ini menghasilkan tekstur berlapis-lapis, mirip dengan puff pastry.

Di Prancis, roti sabit umumnya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Namun di luar negara asalnya, terdapat pula roti sabit yang berisikan cokelat, daging, dan sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang didaulat sebagai makanan terenak di dunia. Mana favoritmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.