Sukses

12 Menu Masakan Sehari-Hari Untuk Keluarga, Menggoyang Lidah dan Bergizi

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari manusia membutuhkan makan untuk memberi energi pada tubuh. Tiap makanan mengandung gizi berbeda-beda seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya. Maka tak heran jika makanan menjadi kebutuhan primer disandingkan dengan papan dan sandang.

Baik ibu rumah tangga, karyawan kantor, maupun pelajar setidaknya makan tiga kali sehari. Tiap pagi, siang dan sore perut harus diisi agar bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh tenaga. Dengan adanya berbagai macam bahan makanan, semua orang bisa menikmati menu masakan berbeda tiap harinya.

Menu masakan sehari-hari dapat berupa sayur mayur, kacang-kacangan, daging maupun ikan air tawar dan laut. Namun, tetap saja terkadang seseorang merasa bingung menu apa yang harus dimasak. Padahal, kreativitas dapat dikembangkan saat memasak untuk keluarga.

Daripada bingung, berikut Liputan6.com paparkan inspirasi menu masakan sehari-hari untuk mewarnai hari keluarga Anda, yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

2 dari 6 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Sayuran

1. Sup Bening

Sup bening yang terdiri dari berbagai macam sayuran bisa memberi tenaga. Makan malam sebaiknya pilih menu sup bening dibanding tipe sup yang kental dan mengandung banyak bumbu.

Perbanyak sayuran dan kurangi daging-dagingan. Sup sayuran juga membuat pencernaan Anda lebih lancar dibandingkan dengan sup pekat dan mengandung banyak lemak.

2. Pecel

Siapa sih yang tidak mengenal pecel? Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, mentimun, dan banyak lagi.

Dengan variasi sayuran di dalam pecel, Anda akan terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh yang lemah. Namun, karena pecel dibaluri bumbu kacang, tak jarang bumbu tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah.

3. Sayur Asem

Sayur asem adalah pilihan resep masakan yang mudah, murah, enak, dan gampang dibuatnya. Resep masakan ini punya cita rasa segar, sehingga cocok dimakan pada saat makan siang dengan nasi putih panas dan juga aneka lauk pauk. Sayur asem juga cocok dipadukan dengan sambal.

3 dari 6 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Ayam

1. Ayam Saus Kacang Ala Thailand

Masakan dari Negeri Gajah Putih memiliki kemiripan dengan masakan Indonesia. Bahan-bahan alam yang hampir mirip dan selera lidah yang hampir sama membuat banyak warga Indonesia yang melirik masakan Thailand sebagai buruan kuliner. Tak perlu jauh-jauh ke Thailand, karena hidangan yang satu ini bisa Anda olah langsung dari dapur Anda.

2. Ayam Goreng Tepung ala KFC

Ayam goreng tepung memang bukan resep masakan khas Indonesia, karena resep masakan ini justru berasal dari Negeri Paman Sam. Namun, ayam goreng sudah lama jadi resep masakan rumahan yang nikmat dipasangkan dengan nasi maupun dengan resep masakan Indonesia lainnya.

4 dari 6 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Ikan

1. Pepes Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh.

Bahkan, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Anda bisa memasak pepes ikan yang kental akan rasa masakan tradisional namun juga sehat untuk tubuh.

2. Tumis Tongkol Kecap

Tumis tongkol kecap bisa dijadikan alternatif menu masakan sehari-hari keluarga Anda. Jika Anda bosan dengan variasi ikan tawar, ikan tongkol bisa jadi pilihan. Selain bergizi tinggi, rasa ikan tongkol juga tidak kalah enak dengan ikan air tawar yang biasa dijual di pasaran.

Cara memasaknya pun gampang. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri hingga harum.

Lumuri tongkol yang telah dibersihkan dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng lalu campurkan dengan tumis bumbu halus disertai tambahan kecap manis.

5 dari 6 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Telur

1. Omelette Sayuran

Jika Anda ingin berkreasi saat memasak, Anda dapat membuat omelette sayuran yang dicampur mie. Selain terasa renyah, omelette juga memiliki varian rasa unik karena memadukan telur, sayur, mie, serta bawang goreng yang pasti menjadi favorit keluarga Anda.

2. Telur Balado

Saat tidak ingin rempong, Anda bisa mencoba alternatif yang satu ini yaitu telur balado. Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Telur balado menawarkan lidah Anda rasa yang tidak biasa dengan kombinasi pedas manisnya.

6 dari 6 halaman

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Udang

1. Udang Goreng Tepung Roti

Udang Goreng Tepung Roti atau tepung roti adalah hidangan yang lezat disajikan sebagai bekal makan siang. Anak-anak pasti menyukainya karena rasa yang renyah dan lezat, membuatnya juga mudah. Tinggal celup-celup, goreng deh.

2. Bakwan Jagung Campur Udang

Bakwan Jagung Campur Udang bisa menjadi lauk sehari-hari yang lezat dan bergizi. Anda hanya membutuhkan tepung terigu, jagung manis, udang, daun bawang, telur, bawang merah dan putih, garam, serta merica. Dengan membentuk adonan sesuka hati, Anda telah menyajikan menu masakan yang enak untuk keluarga.

3. Bola-bola Udang

Udang memiliki rasa yang enak dan banyak khasiatnya. Apalagi kalau sudah disulap menjadi makanan yang lucu dan menyenangkan seperti bola-bola udang ini. Dijamin tidak akan menghabiskan banyak waktu dan si kecil pasti suka.

 

Viral, Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok
Loading
Artikel Selanjutnya
Ciri-Ciri Pantun Beserta Contohnya, Mudah Dipelajari dan Bisa Bikin Sendiri
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan