Sukses

10 Makanan Khas Aceh dengan Cita Rasa Rempah, Bikin Lidah Bergoyang

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sendiri memang terkenal dengan beragam kuliner yang ada. Salah satu wilayah yang juga terkenal dengan kuliner ialah Nanggroe Aceh Darussalam yang kini sudah berganti nama menjadi Provinsi Aceh.

Wilayah yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah ini memang memiliki berbagai budaya serta makanan khas Aceh. Beraneka ragam kuliner dengan bumbu khas dengan cita rasa rempah yang kuat, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mencicipi makanan khas Aceh.

Wilayah yang puluhan tahun lalu diterjang oleh tsunami ini pun sempat rata dengan tanah. Meski sempat mengalami kelumpuhan, akan tetapi semangat warga Aceh tidak padam begitu saja.

Bahkan provinsi ini pun menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Selain disuguhkan dengan keindahan alamnya, kamu pun akan dimanjakan dengan makanan khas Aceh.

Makanan khas Aceh sendiri cukup terkenal akan cita rasa yang kuat dan juga otentik. Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai makanan khas Aceh yang wajib untuk kamu coba, Senin (4/3/2019). Berikut ini beberapa makanan khas Aceh yang wajib untuk dicoba apalagi jika sedang berkunjung langsung ke Aceh.

2 dari 6 halaman

Makanan Khas Aceh

1. Mie Aceh

Siapa yang pernah mencoba olahan mie dari Aceh ini? Mie Aceh memang sangat populer di kalangan wisatawan. Bahkan dari namanya saja kamu pasti telah tahu dari mana asalnya kuliner ini.

Makanan khas Aceh ini pun bisa disajikan dengan cara digoreng ataupun direbus atau ditumis. Selain itu, kamu pun bisa memesan mie aceh dalam rasa guruh ataupun pedas. Penuh dengan bumbu rempah yang khas, membuat kuliner satu ini cukup digemari para pelancong. Selain itu, mie Aceh juga bisa ditambah dengan aneka seafood ataupun daging untuk menambah cita rasa yang nikmat.

2. Timphan

Makanan khas Aceh selanjutnya ialah Timphan. Makanan khas Aceh berupa kue ini pun sangat terkenal. Timphan sendiri merupakan kue tradisional yang dibuat menggunakan tepung ketan.

Timphan juga memiliki rasa manis karena berupa adonan dari ubi dan juga labu serta berisi kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Kue khas Aceh ini pun dimasak dengan cara dikukus.

Selain itu yang membuat kue Timphan kaya akan cita rasa ialah karena kue ini dibungkus dengan daun pisang yang membuat aromanya wangi.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas Aceh

3. Sate Matang

Makanan khas aceh satu ini berasal dari daerah Matang, Bireun. Sate matang sendiri mirip dengan sate lainnya, akan tetapi sate matang ini berupa daging sapi atau pun kambing dengan potongan kecil yang diungkep dengan bumbu khas dan juga rempah-rempah.

Kemudian setelah bumbu masuk ke dalam daging, barulah sate ini dibakar. Yang membedakan sate matang dengan sate lainnya ialah, sate ini disajikan menggunakan kuah soto yang kaya akan rempah dan juga memiliki aroma khusus. Jadi jika kamu berkunjung ke Aceh, kamu wajib mencoba sate matang ini.

4. Kopi Aceh

Nama Aceh sendiri tidak bisa lepas dari kopi Aceh. Bagi kamu pecinta kopi tentu saja kopi Aceh menjadi salah satu yang wajib untuk kamu cicipi.

Salah satu varian kopi Aceh yang terkenal ialah kopi Aceh Gayo. Kopi Aceh Gayo sendiri memiliki aroma dan juga rasa yang cukup kuat.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas Aceh

5. Kuah Masam Keueung

Makanan khas Aceh yang cukup asing di telinga tapi memiliki rasa yang sedap ialah masam keueung. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan juga masam.

Meskipun banyak makanan Indonesia lainnya yang memiliki rasa pedas dan juga masam, akan tetapi kuah masam keueung ini memiliki cita rasa unik tersendiri. Dijamin setelah memakannya kamu pasti akan ketagihan.

6. Ayam Tangkap

Sesuai dengan namanya, makanan khas Aceh satu ini dibuat menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Ayam ini dimasak dengan cara digoreng seperti menggoreng ayam pada umumnya.

Yang membuat ayam ini spesial ialah ayam tangkap ini menggunakan campuran daun teumuru atau daun kari. Ayam goreng yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil ini pun diletakkan pada bagian bawah tumpukan daun teumuru. Setelah itu pada bagian atasnya ditaburi dengan bawang goreng serta cabai hijau khas Aceh.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas Aceh

7. Martabak Aceh

Martabak Aceh termasuk dalam jajanan yang wajib untuk dicoba. Martabak Aceh ini pun berbeda dengan martabak lainnya yang sering kamu temui.

Hal ini karena bahan dasar membuat martabak ini menggunakan bahan dasar roti Cane. Selain itu, untuk isian pada martabak pun menggunakan bumbu khas Aceh yang menghasilkan cita rasa unik.

8. Meuseukat

Makanan khas Aceh satu ini merupakan jenis kue tradisional. Meuseukat sendiri merupakan dodol khas aceh yang memiliki rasa nanas cukup kuat.

Namun saat ini meuseukat pun sudah sangat sulit untuk didapatkan. Biasanya kue satu ini hanya ada saat ada acara-acara tertentu. Kamu harus memesan terlebih dahulu bila ingin mencicipinya atau dijadikan buah tangan.

6 dari 6 halaman

Makanan Khas Aceh

9. Kuah Pliek U

Kuah Pliek U ini adalah makanan yang sangat populer di Aceh. Kuah Pilek U merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman masyarakat Aceh.

Disajikan dalam setiap hari besar keagamaan seperti Maulid, puasa, lebaran, dan perayaan acara tradisional, seperti pesta pernikahan, khitanan, dan perayaan acara tradisional lainnya. Kalau berkunjung ke Aceh, kamu wajib mencobanya.

10. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong ini sering dijumpai di hari besar keagamaan dan perayaan acara tradisional, walaupun sekarang juga bisa dijumpai di rumah makan yang ada di Aceh.

Kuah Beulangong ini juga dikenal dengan Gulee Sie Kameng. Berbahan dasar daging kambing, dilengkapi dengan nangka muda, pisang kepok, dan bumbu yang penuh dengan rempah khas Aceh, yang membuat Kuah Beulangong ini khas aromanya, empuk dagingnya dan nikmat rasanya.