Sukses

Festival Brand, Program Terbaru di Ajang Jakarta Fashion and Food Festival

Jakarta Brand Festival bukan bazar biasa, melainkan ajang pencarian brand untuk mengisi tenant di Jakarta Fashion & Food Festival 2019 yang bakal digelar Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) tahun ini memasuki tahun ke-16 penyelenggaraan. Ada program baru yang digelar, yakni Jakarta Brand Festival (JBF) 2019, sebelum puncak acara berlangsung pada Agustus mendatang.

Tujuan gelaran itu adalah untuk mengembangkan brand lokal Indonesia secara konkret, khususnya bidang fesyen dan kuliner, agar semakin besar dan bertahan di industrinya masing-masing. Brand-brand lokal yang bertahan akan menjadi sebuah aset nasional yang berharga, serta menciptakan suasana ekonomi bagi Indonesia yang semakin baik.

"Kami pikir sudah waktunya menambah program lagi di JFFF. Program yang dapat mengakselerasi performa bisnis brand-brand lokal kita secara konkret," ujar Chairman JFFF, Soegianto Nagaria, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Komisaris Gambaranbrand Roy Kuntoro mengatakan, program yang akan melibatkan mentor-mentor selevel direktur dan CEO akan memberikan gambaran yang lebih luas tentang bagaimana mentee membangun usaha dan brand-nya. Selain itu, berjejaring dengan para CEO akan memberikan nilai tambah bagi para mentee.

Sementara, koordinator program akselarasi yang juga aktivis brand lokal, Arto Soebiantoro berpendapat program seperti itu harus sering dilakukan agar mata rantai dalam pengembangan brand tidak terputus. Pasalnya, membangun brand adalah sebuah ekosistem besar yang saling membutuhkan.

Tahap pertama adalah menggelar Program Akselerator, yaitu program mentoring untuk brand lokal (mentee) terpilih dengan metode one on one bersama para mentor.

Para mentor terdiri dari jajaran profesional dengan pengalaman kurang lebih 15 tahun dari enam disiplin ilmu yang berbeda. Disiplin ilmu tersebut adalah Strategy, HR/Organization, Sales/Marketing (offline & online), Operation/Supply Chain, Product/Service, dan Finance.

Program pendaftaran mentee telah dibuka pada Januari-Februari 2019. Dari sekitar 100 pendaftar, panitia menetapkan 20 mentee untuk mengikuti tahap selanjutnya, yakni Kick-Off Meeting antara Mentor dan Mentee pada Kamis, 28 Februari 2019 di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading.

Setiap Mentee/Brand mengikutsertakan dua orang yang terdiri dari pemilik dan manager/supervisor. Dalam pertemuan tersebut, selain briefing serta perkenalan antara Mentor dengan Mentee, dilakukan juga tahap seleksi selanjutnya melalui wawancara Mentor dengan Mentee untuk dipilih 10 mentee yang berhak mengikut kegiatan mentoring.

Selanjutnya, 10 Mentee/Brand terpilih tersebut berhak mengikuti program mentoring untuk meningkatkan performa bisnis mereka. Mereka bakal didampingi oleh para mentor dari selama empat kali pertemuan dalam periode empat bulan.

Melalui program mentoring, para Mentee akan mendapatkan evaluasi dan masukan langsung dari sosok pelaku industri terpandang. Tak hanya itu, pada akhir 'Program Akselerator' JBF 2019, para Mentee terpilih juga mendapatkan kesempatan menjadi salah satu tenant peserta dalam event akbar Jakarta Fashion & Food Festival 2019.

JFFF merupakan perayaan akbar tahunan yang diselenggarakan sejak 2004 oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta didukung pula oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.