Sukses

6 Cara Memakai Masker Wajah yang Benar Agar Hasilnya Optimal

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memimpikan kulit wajah yang putih dan halus, terutama kaum Hawa. Maka heran jika banyak wanita melakukan perawatan untuk mewujudukan impiannya. Perawatan apapun rela dilakukan demi memiliki wajah yang indah dan sehat.

Melakukan perawatan wajah memang sangat penting. Dengan perawatan yang baik, wajah akan terhindar dari jerawat yang mengganggu serta sederet masalah kulit lainnya. Salah satu perawatan yang sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan masker wajah. Dengan rutin menggunakan masker, wajah akan sehat dan cantik alami.

Masker merupakan perawatan wajah yang memberikan manfaat untuk kulit wajah. Masing-masing jenis masker memberikan manfaat dan hasil yang berbeda-beda. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit.

Untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit, dapat menggunakan varian masker yang mengandung citrus. Begitu juga dengan kamu yang menginginkan kulit lebih lembap dan sehat bisa mengunakan masker yang mengandung green tea atau aloe vera.

Meskipun setiap formulasi berbeda, ada beberapa pedoman dasar yang harus diikuti untuk memastikan kulit kamu mendapatkan manfaat maksimal. Apakah masker buatan kamu atau pun beli di toko.

Kamu pun tetap harus memperhatikan saat melakukan perawat. Jangan-jangan tanpa disadari kamu telah melakukan kesalahan saat memakai masker. Alih-alih mendapat wajah yang sempurna hasilnya jadi tidak maksimal.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (26/2/2019), cara memakai masker wajah yang benar. Langkah memakai masker ini wajib kamu perhatikan agar penggunaan masker di wajahmu tidak sia-sia.

2 dari 3 halaman

Cara memakai masker wajah yang benar

1. Gunakan masker dengan formula yang benar

Cara memakai masker wajah yang benar ialah menggunakan masker dengan formula yang benar. Jika kamu tidak menggunakan masker sesuai dengan kulit kamu akan berakibat fatal. Pasalnya, kulit memiliki karakteristik berbeda satu sama lain. Jika kondisi kulitmu kering, hindari masker dengan bahan-bahan yang dapat menarik minyak berlebih, atau sebaliknya.

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu juga bisa mencari masker yang memiliki kandungan cenderung menenangkan kulit. Dengan cara tersebut, kulit akan senantiasa sehat dan terpenuhi kebutuhannya.

2. Oleskan masker setelah mandi.

Mungkin terlihat seperti ide yang baik menggunakan masker sebelum mandi sehingga kamu dapat dengan mudah mencucinya ketika kamu masuk ke kamar mandi.

Tapi ternyata cara memakai masker wajah setelah mandi akan menguntungkan kulit wajahmu jauh lebih banyak. Air hangat dari shower akan menghasilkan uap, yang akan membuka pori-pori kulit wajag.

Ini akan mempermudah kotoran yang sudah ada di wajah mudah meninggalkan kulit wajahmu. Dengan mengoleskan masker setelah mandi juga mempermudah kulit wajah menyerap semua kandungan dalam masker.

3. Gunakan alat yang tepat.

Jika selama ini kamu mengaplikasikan masker ke wajah dengan tangan, sebaiknya tinggalkan cara tersebut. Cara memakai masker wajah yang benar yaitu dengan menggunakan alat khusus untuk mengaplikasikan masker.

Pasalnya kita tidak tahu bakteri atau kotoran apa yang menempel pada jari tangan kita. Hindari juga menggunakan peralatan dapur selama menggunakan masker wajah.

Tidak hanya menjaga tercampurnya kotoran dari tangan, menggunakan brush atau alat khusus juga akan memastikan aplikasi masker di wajahmu bisa lebih merata. Dengan bantuan alat tersebut jauh lebih mudah untuk mengontrol berapa banyak bahan yang kamu ambil dan kamu aplikasikan di kulit wajahmu.

Ohiya, jangan lupa untuk mencuci sikat setiap kali selesai digunakan dan pastikan sudah kering sebelum disimpan.

3 dari 3 halaman

Apakah caramu memakai masker wajah sudah benar?

4. Cuci masker dengan air hangat.

Kamu pasti pernah berada dalam situasi di mana kamu menggunakan masker terlalu lama dan itu mengering hingga seperti massa tanah liat kering yang sulit dihilangkan. Jadi hal pertama dan yang utama, jangan menggunakan maskermu terlalu lama.

Beberapa kandungan masker jika digunakan dalam waktu lama dapat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah. Pastikan untuk mengikuti instruksi yang ada.

Ketika tiba saatnya untuk mencucinya, gunakan air hangat untuk membersihkannya. Air dingin tidak akan efektif untuk membilas masker, tetapi menggunakan air yang terlalu panas akan mengering dan memperparah wajahmu.

Pasalnya, pori-pori kamu tidak mampu menahan suhu ekstrem dengan aman, jadi pilihan yang tepat ialah gunakan air hangat saat membilas masker. Kamu juga dapat menggunakan kain yang lembut dan bersih untuk mengeringkan wajahmu.

5. Oleskan toner sesudahnya.

Beberapa orang belum tahu betapa pentingnya melembabkan kulit wajah setelah menggunakan masker. Toner yang tepat akan membantu kulit wajah mengunci semua manfaat masker.

Toner tersebut akan membuat kulit wajah kamu lebih halus dan lebih bersih. Selain itu, toner akan membantu pelembab yang kamu gunakan meresap lebih banyak,

6. Gunakan secara rutin

Skincare apapun jika tidak digunakan secara rutin tidak akan memberikan manfaat dan perubahan signifikan. Jadi, pastikan untuk mengaplikasikan masker secara rutin dan penuh komitmen agar hasil terbukti pada kulit.

Nah di atas adalah cara memakai masker wajah yang benar. Jangan lupa untuk menerapkannya ya, agar masker yang kamu gunakan tidak terbuang sia-sia.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Pakai Masker
Artikel Selanjutnya
Masker Wajah, Rahasia Kulit Bercahaya Ala Cewek Korea