Sukses

Mengenal Benteng Van den Bosch di Ngawi yang Disinggahi Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan wisata yang sarat sejarah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Baru-baru ini, ia berkunjung ke Benteng Van de Bosch di Ngawi, Jawa Timur.

Benteng ini memang sudah lama jadi tujuan wisata populer kabupaten di Jawa Timur itu. Karena letaknya lebih rendah dari permukaan tanah sekitarnya, benteng ini dikenal pula dengan nama Benteng Pendem.

Di akun Instagramya pada 2 Februari 2019, Jokowi menuliskan kalau Benteng Pendem sudah berdiri hampir dua abad lamanya di pertemuan Sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun.

“Seiring dengan waktu, seperti yang saya saksikan saat berkeliling benteng ini kemarin, banyak bagian bangunan yang rusak dan terbengkalai. Padahal, sebagai bangunan peninggalan bersejarah dan dikunjungi banyak wisatawan, Benteng Pendem memerlukan perawatan lebih,” tulisnya.

Karena itu Jokowi memerintahkan kepada Kementerian PUPR untuk melakukan restorasi atas benteng tersebut. Dalam pengerjaan restorasi yang segera dimulai tahun ini, kementerian akan didampingi para ahli restorasi bangunan bersejarah.

Rencananya, restorasi Benteng Pendem akan selesai dalam waktu dua tahun.  Bagi Anda pecinta seni bangunan atau arsitek, Anda pasti tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Ngawi yang satu ini.

Tempat ini juga cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Tapi ingat, Benteng Pendem ini juga terdapat di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan yang di Ngawi yang disinggahi Jokowi punya nama lain yaitu Benteng Van den Bosch.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Memadai

Dilansir dari laman tempatwisataindonesia.id, lokasi Benteng Pendem Ngawi berada di Desa Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Benteng Pendem Ngawi ini dapat dicapai dengan mudah karena jalan yang bagus dan dapat dilalui oleh semua kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Namun, Anda akan lebih menikmati perjalanan dengan kendaraan pribadi, karena belum ada alat transportasi umum yang bisa dinaiki sampai ke lokasi.

Benteng ini dahulu adalah markas militer dan juga benteng pertahanan pemerintah Hindia Belanda yang dibangun pada 1839 sampai dengan 1845. Nama tempat Van De Bosch diambil dari pemimpin markas yang menempati tempat ini, yaitu Johannes Van De Bosch.

Fasilitas di kawasan ini cukup memadai. Anda bisa melihat sarana prasarana yang ada seperti toilet atau kamar mandi umum yang bersih, area parkir yang cukup luas, musala, kedai makanan, dan masih banyak lagi.

Jadi selain bisa berwisata ke Benteng Van den Bosch yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi ini, Anda juga bisa mengenang pahlawan yang gugur di medan perang,

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Prabowo Bilang Harga Daging di Indonesia Termahal Sedunia, Ini Faktanya!
Artikel Selanjutnya
Bantah Prabowo, Menko Darmin Sebut Harga Beras di Jepang Lebih Mahal