Sukses

Ajang Perburuan Kopi Terbaik, dari Bandung ke Takengon

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia salah satu produsen kopi yang terkenal di dunia. Untuk menemukan biji hijau terbak milik petani Nusantara, diselenggarakan sebuah proyek perburuan biji kopi pun bertema Sumatera Prestige Cup 2019 yang berlangsung mulai 15 Februari 2019 - 15 Maret 2019.

Biji kopi jawara Indonesia itu kemudian akan dipilih dan dipilah secara ketat untuk dihantarkan ke pasar kopi dunia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (11/2/2019), Sumatera Prestige Cup 2019 merupakan kompetisi pertama di Asia yang akan mematuhi semua aturan lomba, cupping dan standar protokol yang sudah dirintis oleh program “Cup of Excellence” - sebuah ajang pencarian biji kopi terbaik dari yang terbaik di dunia, sejak 1999.

Mulai dari pemilihan kualitas kopi, gudang, proses audit pelaksanaan dan keuangan hingga pengeksporan biji kopi pemenang, dijamin telah memenuhi standar “Cup of Excellence” (COE).

Untuk memulai langkah pemuliaan petani kopi Indonesia, Sumatera Prestige Cup 2019 akan memberikan kesempatan awal kepada para petani kopi yang berasal dari Takengon, Aceh Barat, untuk berkompetisi.

Menurut Michael Utama, Koordinator Proyek Sumatera Prestige Cup 2019, ditentukan lantaran musim panen yang berdekatan dengan kalender kompetisi.

“Selain itu, berdasar penelusuran kami, Takengon bisa dikatakan daerah penghasil kopi yang paling siap, baik secara individu petani maupun kondisi perkebunannya, ” katanya.

Kompetisi perburuan kopi ini bakal digelar di dua kota. Tahap pertama akan berlangsung di Bandung, tepatnya di dapur 5758 Coffee Lab. Tahap berikutnya hingga final akan berlangsung di Takengon, Aceh Barat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kopi Sehat, Ajakan untuk Coffeepreneur Muda Kurangi Konsumsi Gula
Artikel Selanjutnya
Cerita Kopi dan Tradisi Turun-temurun Suku Sasak Lombok