Sukses

Bunga Plum, Si Cantik yang Tak Kalah Memesona dari Sakura Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Musim dingin segera berakhir dan akan disambut dengan dimulainya musim semi, Maret nanti. Di Jepang, musim semi identik dengan mekarnya bunga sakura. Beberapa orang pastinya telah menantikan musim mekarnya bunga sakura dan mengabadikan momen bersama kecantikan bunga asal Jepang ini.

Menjelang pergantian musim, ada satu bunga khas Jepang yang hendak mekar sebelum bunga sakura, yaitu bunga plum  yang elegan. Bunga yang tak kalah indahnya ini pun memiliki asal-usul dan makna yang dalam bagi orang Jepang.

Dilansir dari laman Tokyoweekender.com, Kamis (7/2/2019), dalam bahasa Jepang, bunga plum ini disebut dengan ume dan tersebar di berbagai negara di Asia Timur. Dilansir dari Tokyo Weekender, pohon bunga plum ini mekar di akhir musim dingin. Pohon ini memiliki nama Latin Prunus mume dan dikenal sebagai plum China atau aprikot Jepang.

Walaupun bunga sakura sering dianggap sebagai awal dari musim semi di Jepang, sesungguhnya bunga plumlah yang menjadi tanda-tanda awal dimulainya musim semi. Bunga yang berasal dari Tiongkok ini sering mekar dengan warna putih, merah muda dan merah. Dalam penggambarannya di beberapa karya sastra dan seni, bunga ini dilambangkan mampu menerobos musim dingin dengan sifatnya yang optimis.

Bunga plum ini juga memiliki beberapa perbedaan dengan bunga sakura di samping waktu mekarnya. Daun bunga plum berwarna ungu gelap dan biasanya tampil sedikit tergulung. Kelopak bunga plum berjumlah lima, dan dari tunasnya yang berbentuk lingkaran akan muncul satu bunga saja.

Bunga plum berbentuk bulat dan terlihat lebih kokoh dibandingkan bunga sakura. Kulit pohon bunga plum khas dengan aroma bunga plum yang manis dan keluar dari pohonnya.

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Jepang  pada Februari hingga Maret, Anda bisa menyaksikan festival mekarnya bunga plum di kota Tokyoi. Tipsnya sederhana, pilihlah hari yang cerah. Karena masih musim dingin, piknik di festival ini direkomendasikan bila Anda memiliki jiwa pemberani.

Anda bisa mengunjungi Festival Plum Setagaya di Taman Hanegi, di mana terdapat 600 pohon bunga plum bermekaran. Festival di taman ini berlangsung dari 9 Februari hingga 3 Maret 2019. Ada pula festival bunga plum di Kuil Yushima Tenjin yang berlangsung dari 8 Februari hingga 8 Maret 2019 dan terdapat 300 pohon bunga plum.

Terakhir, Anda bisa mengunjungi Taman Koshikawa Korakuen untuk menikmati festival bunga plum Jepang. Taman yang terdapat 90 pohon bunga plum ini mengadakan festivalnya pada 10 Februari hingga 4 Maret.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sempat Salah Koordinat, Kapal Selam PD II AS yang Raib 75 Tahun Ditemukan
Artikel Selanjutnya
Jepang Larang Wanita Pakai Kacamata Saat Bekerja