Sukses

Arti Warna Pastel pada Dekorasi Rumah, Bisa Jadi Referensi

Liputan6.com, Jakarta Rumah merupakan suatu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah sebagai tempat hunian manusia memiliki kriteria antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja dalam bentuk atau model bangunannya, pemilihan warna cat setiap ruangan atau bahkan bangunan utamanya, dan dekorasi-dekorasi lainnya yang disesuaikan dengan karakter tiap penghuninya.

Orang melakukan berbagai cara untuk menciptakan keindahan di dalam rumahnya. Rumah dengan ruangan yang nyaman selalu menjadi idaman bagi setiap penghuninya.

Nah, kali ini Liputan6.com, Rabu (9/1/2019) akan membahas tentang salah satu yang menjadi bagian penting dari dekorasi rumah, yaitu warna. Perlunya konsep warna yang patut dicoba adalah kombinasi warna pastel. Warna ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya dapat membuat suasana ruangan lebih cerah dan hidup. Selain itu, warna pastel juga disukai beragam kelompok usia.

Warna pastel beberapa waktu terakhir ini banyak sering digunakan pada dekorasi rumah. Penggunaanya sendiri biasanya untuk cat dinding, ataupun properti-properti lain seperti meja, kursi, tempat tidur dan lain sebagainya.

Warna pastel sendiri adalah warna yang mengarah ke warna muda dari jenis warna atau warna cerah. Misalnya saja warna biru, ketika bercampur dengan warna putih akan menjadi biru muda. Umumnya warna pastel, terlihat lebih cerah namun tidak begitu kuat warnanya.

Di balik pemilihan warna, ternyata ada arti warna itu sendiri. Kali ini Rabu (9/1/2019) Liputan6.com akan merangkum apa arti warna pastel yang digunakan pada dekorasi rumah.

2 dari 7 halaman

1. Putih

Warna putih juga termasuk ke dalam warna pastel. Pada dekorasi rumah, anda dapat menggunakan warna putih pada cat dinding. Hal ini memberikan kesan lebih luas dan bersih.

3 dari 7 halaman

2. Hijau pastel

Berwarna dasar hijau, yang kemudian dicampurkan dengan putih, maka jadilah warna hijau pastel. Warna hijau sendiri memiliki arti warna yang identik dengan alam dan mampu memberi suasana yang santai. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi, warna hijau sangat membantu sesorang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam berkomunikasi.

Di dalam bidang desain, warna hijau memiliki nilai tersendiri karena memberikan kesan segar dan membumi. Nah, begitu juga dengan warna hijau pastel. Pada dekorasi rumah, anda bisa menggunakan karpet atau warna cat dinding dengan warna hijau pastel untuk memberikan rasa nyenyak saat tidur.

4 dari 7 halaman

3. Pink Pastel

Merupakan kombinasi antara warna merah dan putih. Warna merah yang selama ini diidentikkan dengan warna penuh dengan semangat, sensual, romantik, dan cinta. Sementara warna putih sendiri melambangkan kemurnian, kepolosan dan keterbukaan.

Jika digabungkan, akan menjadi warna merah muda atau pink. Arti warna ini merepresentasikan prinsip feminin dan banyak disukai oleh para wanita, auranya yang kuat memberikan benak kita nuansa kelemah-lembutan, dan peduli. Nah, pada dekorasi rumah anda, bisa menggunakan warna cat dinding dan lantai warna pink pastel agar ruang ganti jadi cantik sempurna.

5 dari 7 halaman

4. Biru Pirus

Warna biru sendiri memberikan efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migran. Jika ruangan berwarna biru dengan pemberian cahaya yang dikurangi, maka dapat memberikan nuansa ketenangan.

Anda bisa menggunakan warna biru pirus ini pada cat dinding kamar tidur. Warna biru pirus mengundang dimensi berbeda di kamar tidur. Warna cat dinding ini memberikan rasa ingin merebahkan diri di atas tempat tidurnya.

6 dari 7 halaman

5. Kuning Pastel

Warna kuning memberikan arti kehangatan, rasa bahagia, dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Warna ini memberikan kesan optimis, semangat, dan ceria.

Nah, buat anda yang masih ragu dalam penggunaan warna kuning pada dekorasi rumah, bisa mencoba warna kuning pastel ini untuk memberikan kesan hangat. Warna kuning pastel bisa anda gunakan pada pemilihan cat dinding untuk ruang tamu, agar suasana ruangan menjadi hangat dan ceria.

7 dari 7 halaman

6. Abu-abu Pastel

Abu-abu merupakan perpaduan warna antara hitam dengan putih. Warna hitam sendiri memberikan kesan suram, menakutkan namun elegan. Maka nggak banyak penghuni rumah berani mengaplikasikan warna ini pada properti di hunian mereka.

Kali ini, anda bisa mencoba perpaduan hitam dengan putih atau abu-abu pastel khususnya sebagai warna di salah satu dekorasi rumah. Anda bisa mencoba warna abu-abu pastel pada selimut tidur atau tirai.

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

Loading