Sukses

Jaga Resolusi 2019 Anda agar Terwujud dengan Langkah Ini

Liputan6.com, Jakarta – Tahun 2019 sudah berjalan selama seminggu dan pastinya beberapa dari kita sudah mulai melaksanakan resolusi Tahun Baru. Namun, tak sedikit dari kita yang malah mulai lengah untuk melakukan resolusi yang telah dibuat.

Tak ada kata terlambat, kamu pun masih bisa menjalankan resolusi Tahun Barumu. Apalagi, bila kamu menjalankannya dengan konsisten, niscaya resolusi Tahun Barumu pasti tercapai.

Liputan6.com mengungkapkan cara agar resolusi Tahun Barumu bisa terwujud. Dirangkum dari laman psikologi psychcentral.com, Selasa, 8 Januari 2019, berikut ada 5 tips yang bisa diaplikasikan.

1. Pilihlah Tujuan Yang Realistis

Permasalahan yang umum terjadi kala kita membuat resolusi adalah kita membuat keputusan yang terlalu tinggi. Makanya kita perlu membuat resolusi kita menjadi sederhana dan kecil. Resolusi yang kecil seperti mengelola keuangan, mengurangi berat badan, mengurangi merokok, menjaga hubungan pastinya akan membuatmu mudah menjalani resolusinya. Apalagi di internet banyak sekali tips yang ditawarkan untuk membantumu menjalani resolusimu.

 

2 dari 3 halaman

Langkah-langkah dan Jadwal

2. Buat Perencanaan untuk Mencapai Tujuanmu

Ketika kamu hendak mencapai tujuanmu, kamu harus tahu cara yang harus ditempuh secara spesifik. Tapi tetap lakukan mulai dengan langkah-langkah kecil. Sebab bila hanya menulis apa yang menjadi resolusimu, itu tak akan cukup, kamu juga harus menuliskan langkah-langkah apa yang hendak kamu lakukan untuk mencapai resolusimu tersebut.

3. Tetapkan Jadwal

Jadwal juga sangat penting dalam pemenuhan resolusimu, sebab kamu harus tahu kapan kamu mau mulai menjalankan resolusimu. Resolusi pun penting untuk dijadwalkan, kalau tidak, sama saja dengan menuntun dirimu ke dalam kegagalan. Bila ada kegiatanmu yang harus dilakukan harian atau mingguan, kamu jadi tahu dan bisa mengatur waktumu untuk menjalankan resolusimu. 

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Jangan Kesal Bila Resolusimu Mengalami Halangan

Resolusi tahun baru memang menjadi hal yang sulit untuk konsisten dijalankan. Mengalami kemunduran itu wajar, yang salah adalah apabila kita terpuruk karenanya. Kemunduran adalah bagian dari proses dan sifatnya hanya sementara. Malahan hal ini bisa membantu kamu untuk bergerak lebih maju lagi untuk mencapai resolusimu.

5. Jangan Sungkan Minta Bantuan atau Dukungan

Terakhir, jangan ragu untuk meminta bantuan atau hanya sekadar tips kepada orang-orang untuk membantumu menjalankan resolusimu. Kamu bisa meminta bantuan dari keluarga, teman, rekan kerja. Hal ini bukan hanya membuktikan bahwa kamu bersungguh-sungguh menjalankan resolusi tahun barumu, tapi juga kamu sadar akan keterbatasanmu. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini: