Sukses

Liburan Gratis ke Tasikmalaya dengan Kereta Api Galunggung, Ingin Mencoba?

Selama sebulan kereta api Galunggung gratis bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke Tasikmalaya.

Liputan6.com, Jakarta – Jika ingin liburan Tasikmalaya dari Bandung dengan biaya gratis, coba saja gunakan kereta api. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan kereta api dengan tarif Rp 0 atau gratis untuk perjalanan KA Galunggung, relasi Kiaracondong ke Tasikmalaya.

Penumpang bisa menikmati perjalanan tanpa biaya selama 30 hari selama masa uji coba, yakni dari 25 Desember 2018 sampai 25 Januari 2018. Bagi penumpang yang ingin memiliki tiket, mereka harus menyiapkan identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor, maksimal pembelian adalah untuk empat orang.

"Meskipun gratis, calon penumpang tetap harus memiliki tiket yang bisa didapatkan di loket stasiun lintas, tujuh hari sebelum keberangkatan," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Rabu (26/12/2018).

Edi memastikan 100 persen bangku kereta api ini dipersiapkan untuk perjalanan gratis ini, atau kuota 100 persen. "Artinya, apabila kapasitas tempat duduk telah penuh, maka KAI akan menutup layanan ‘pembelian’ tiket KA tersebut," tambah Edi.

Sementara itu, setelah keberangkatan 26 Januari 2019 dan seterusnya, KAI menetapkan tarif sebesar Rp 35.000,- untuk jarak terjauh (>58 km) dan Rp 25.000,- untuk tarif parsial (0-58 km).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Kereta Api

KA Galunggung merupakan kereta ekonomi yang melayani penumpang dengan relasi Kiaracondong-Tasingmalaya pulang pergi (PP), yang terdiri enam unit kereta ekonomi dengan kapasitas 636 tempat duduk.

Nama kereta api ini diambil dari nama Gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 m dml (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Terdapat dua obyek wisata yang ada di Gunung Galunggung yaitu Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang indah dan pemandian air panas Galunggung. Dengan adanya KA Galunggung, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat wisatawan ke wilayah tersebut. Anda ingin mencoba liburan gratis?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.