Sukses

Waktu Ideal untuk Menyimpan Telur di Lemari Es

Telur yang disimpan di lemari es juga berisiko rusak. Jadi, berapa lama waktu ideal penyimpanan telur di lemari es?

Liputan6.com, Jakarta – Bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas atau lemari es seperti telur diyakini bisa bertahan sangat lama, yakni berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tapi benarkah begitu?

Walaupun lemari es bermanfaat membuat makanan lebih awet, makanan yang disimpan di dalam lemari es terlalu lama tetap rentan rusak. Salah satunya adalah telur. Kerusakan itu bisa dalam hal rasa atau pun teksturnya.

Dilansir dari laman foodsafety.gov, telur mentah yang disimpan di lemari es bisa bertahan selama 3 sampai 5 bulan. Namun, ini berlaku untuk telur yang memang berkualitas bagus dan baru.

Kalau disimpan terlalu lama, telur bisa lebih mudah membusuk atau mengalami perubahan rasa juga aroma. Sebaiknya, telur tidak disimpan lebih dari 3 bulan agar tetap berkualitas baik bagus dan aman dikonsumsi.

Beberapa telur yang disimpan di lemari es tidak aman dikonsumsi kalau warna putih telur atau kuning telur telah berubah menjadi keruh, berwarna merah muda, sampai cokelat. Telur juga tidak aman dikonsumsi jika di dalam telur terdapat bintik-bintik hitam atau merah.

Bintik-bintik ini menandakan telur sudah terkontaminasi bakteri maupun jamur. Jadi. pastikan agar Anda membeli telur secukupnya saja dan segera dimasak. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.