Sukses

3 Desainer Penyandang Disabilitas Indonesia dengan Karya Mengagumkan

Bertepatan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional, berikut deretan desainer difabel Indonesia yang memiliki karya tak kalah dengan orang biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keterbatasan fisik bukan penghalang untuk seseorang meraih impian dan harapannya. Juga, bukan menjadi alasan untuk tak bisa berkarya untuk Indonesia. Hal itu dibuktikan oleh para desainer penyandang disabilitas lewat deretan karya kreatif yang menakjubkan.

Bertepatan dengan peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember, Liputan6.com merangkum tiga sosok desainer difabel berbakat di Indonesia dari berbagai sumber. Salah satunya adalah Rafi Ridwan, seorang penyandang disabilitas yang karyanya melenggang ke taraf internasional dan mengharumkan nama Indonesia sejak dini. 

Meskipun terlahir sebagai tunarungu, Rafi tidak patah semangat untuk terus meraih cita-citanya. Selalu ada cara baginya untuk membuat hidupnya lebih berwarna.

Berawal dari serial televisi Little Mermaid, Rafi memulai membuat sketsa baju untuk pemeran Ariel tersebut. Bakat menggambar Rafi diketahui lewat sketsa rompi, jaket, hingga gaun yang dibuatnya dengan spidol warna.

Saat berulang tahun ke-9, anak lelaki kelahiran 2002 ini berhasil menggelar pertunjukan kecil bersama desainer ternama Indonesia, Barli Asmara. Sebanyak tujuh rancangan dipamerkan dalam pertunjukkan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, pada 2016, Rafi kembali menorehkan prestasi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di mancanegara. Ia berkontribusi dalam program American Next Top Model dan bekerja sama dengan Tyra Banks.

Namun, tidak hanya Rafi Ridwan, ada juga Windi Setyoningsih dan Rahmat Hidayat yang belum lama jadi trending topic di media sosial. Keduanya sama-sama berkarya lewat desain busana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahmat Hidayat

Rahmat Hidayat, lelaki berusia 25 tahun dan tinggal di Sidangkerta, Ciawitali, Bandung Barat juga memiliki bakat dengan keahlian membuat desain gaun-gaun cantik. Ia kerap menggunakan media sosial Instagram, untuk mengunggah sejumlah karyanya di @jabar_pisan.

Salah satu desainnya adalah ball gown berwarna ungu dengan lengan panjang dan menggembung di atas. Melihat hasil karyanya, warganet takjub dan tak sedikit orang yang langsung menyebarkan informasi tersebut kepada sejumlah desainer ternama Indonesia, seperti Ivan Gunawan, Didiet Maulana, hingga Zaskia Sungkar.

Tak heran, lelaki yang merupakan tulang punggung keluarga itu menaruh sejumlah harapannya di dunia desain busana. Karya kreatifnya menarik perhatian desainer papan atas, Anne Avantie. Rahmat mengaku ketertarikannya pada dunia desain setelah menonton drama Korea.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Windi Setyoningsih

Memiliki cita-cita untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, juga ditekuni oleh Windi Setyoningsih, yang memiliki kemampuan menggambar luar biasa, tapi sempat menjadi bahan ejekan oleh teman-temannya karena selalu tinggal kelas. 

Selain itu, perempuan berusia 24 tahun asal Pekalongan, Jawa Tengah ini juga mempunyai kemampuan nalar yang cukup lemah. Meski begitu, ia giat mengembangkan bakatnya di dunia desain baju.

Sempat viral di media sosial, hasil karyanya menarik perhatian desainer ternama, Ivan Gunawan, yang memberikan apresiasi di mana desain milik perempuan tunagrahita itu dipilih oleh Ivan Gunawan dan akan digunakan untuk produk kerudungnya. Juga, memberikan sepaket pensil untuk ia membuat rancangan baju yang lebih banyak.

Kerja samanya dengan Ivan menjadi peluang besar bagi Windi untuk terus meraih cita-citanya dan sukses sebagai desainer Indonesia hingga saat ini. Seperti yang tertulis di Liputan6.com, seluruh karya Windi akan dipamerkan di rumah mode milik Ivan Gunawan, dan semua hasil penjualan akan diserahkan untuk Windi. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.