Sukses

Stephen Hillenburg, dari Guru Biologi Jadi Pencipta SpongeBob

Sebelum menciptakan karakter SpongeBob, Stephen Hillenburg pernah menjadi guru Biologi Laut.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan kembali berduka. Pencipta karakter animasi 'SpongeBob Squarepants', Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada usia 57 tahun, Selasa, 27 November 2018.

Menurut laporan situs The Hollywood Reporter, penyebab kematiannya adalah penyakit ALS, yang didiagnosis pada Maret tahun lalu. Namun, penyakit tersebut tidak menghalanginya untuk terus mengerjakan SpongeBob Squarepants yang terus diperbarui hingga 2019.

 

Sebelum menciptakan karakter dan serial animasi SpongeBob Squarepants, Stephen menjalani profesi yang tidak berhubungan dengan dunia hiburan. Ddilansir dari IMDb dan Kids Kiddle, pemilik nama lengkap Stephen McDennell Hillenburg pernah menjadi guru biologi laut selama tiga tahun. Ia merupakan lulusan Humboldt State University di California, Amerika Serikat, jurusan Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut.

Kegemaran Stephen tentang laut sudah dimilikinya sejak kecil. Ia suka menonton beberapa film yang dibuat oleh ahli laut Prancis Jacques Cousteau dan langsung menyukai kehidupan bawah laut.

Setelah lulus kuliah, Stephen mengajarkan ekologi kolam renang, sejarah bahari dan keragaman laut pada anak-anak. Saat masih bekerja di Orange Country Marine Institute, pencipta SpongeBob ini menghadiri beberapa festival animasi. Stephen Hillenburg kemudian merasa tertarik dan memutuskan untuk mengejar karier di bidang animasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raih Rating Tertinggi

Stephen kemudian mrasa tertarik dan memutuskan untuk mengejar karier di bidang animasi. Stephen berhenti dari pekerjaannya pada 1987 dan memutuskan menjadi animator dengan mengikuti

Program Animasi Eksperimental di CalArts, California. Setelah membuat beberapa film animasi pendek, Stephen Hillenburg menggabungkan dua keahliannya sebagai animator dan ahli ekosistem laut dengan menciptakan karakter SpongeBob Squarepants.

Lalu pihak Nickelodeon mencapai kata sepakat dengan Stephen untuk memproduksi serial SpongeBob Squarepants yang tayang perdana pada 1 Mei 1999.

Di musim ketiganya, SpongeBob Squarepants menjadi tontonan dengan rating tertinggi di televisi kabel. Sampai saat ini serial animasi SpongeBob Squarepants karya Stephen Hillenburg masih punya banyak penggemar dan terus ditayangkan di berbagai negara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.