Sukses

Penyebab Jerawat Batu dan Cara Mengatasinya yang Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Jerawat batu atau dikenal dengan cystic acne adalah jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas luka. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori.

Jerawat ini menimbulkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu terdapat pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Kondisi berjerawat ini sungguh terasa sangat menyiksa. Kehadiran jerawat batu juga membuat percaya diri menurun karena ukurannya lebih besar dari jenis jerawat lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat batu.

Sebelum mengatasi jerawat batu ini, kamu juga harus tahu penyebab kemunculannya. Berikut penyebab jerawat batu yang wajib kamu tahu seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/11/2018).

2 dari 3 halaman

Penyebab jerawat batu

1. Faktor Genetik

Penyebab jerawat batu biasanya adalah faktor genetik. Apakah orang tuamu memiliki jenis wajah berminyak dan sering mengalami jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering kamu alami itu bisa jadi disebabkan karena masalah genetik.

Penyebab jerawat batu memang lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, maka kamu akan sangat rentan untuk terkena jerawat batu. Nah, karena kamu tahu kalau kulit berminyak dan faktor genetik ini bisa menjadi pemicu utama jerawat batu, sebaiknya kamu selalu rajin membersihkan wajah agar terhindar dari kotoran dan minyak.

2. Kosmetik

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah penggunaan kosmetik. Esensi penggunaan kosmetik seharusnya memang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kamu tambil lebih cantik. Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa beberapa bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat, termasuk jerawat batu. Apalagi kalau memang tipe kulitmu sensitif, penggunaan kosmetik yang tidak cocok bisa memperparah keadaan kulitmu.

Penyebab jerawat batu lainnya juga karena penggunaan makeup yang tebal seharian dan kamu tidak segera membersihkannya. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat batu yang disebabkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang kamu pakai. Makeup yang oil-based atau memiliki kandungan minyak yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat batu lho.

3. Faktor Hormonal

Penyebab jerawat batu lainnya adalah faktor hormonal. Ketika kamu mengalami fase pubertas misalnya, produksi jenis hormon penyebab jerawat, yaitu hormon androgen akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan kulitmu memproduksi sebum yang lebih banyak daripada biasanya dan hasilnya jerawat batu akan muncul.

Penyebab jerawat batu selanjutnya adalah selain masa pubertas, pada saat wanita mengalami fase menstruasi juga dapat meningkatan level pada hormon androgen dan hormon estrogen, sehingga produksi sebum juga meningkat. Mengonsumsi pil KB, masa kehamilan, dan stres berat juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan karena hormon yang tidak stabil. Semua perubahan hormon yang signifikan tersebutlah penyebab munculnya jerawat batu.

4. Pertumbuhan Sel Kulit yang Abnormal

Penyebab jerawat batu lainnya adalah pertumbuhan sel kulit yang abnormal atau tidak normal. Penyebab jerawat batu ini disebabkan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ketika proses regenerasi sel. Ketika sel-sel kulit mati ini tidak beregenerasi dengan cepat, pada akhirnya sel kulit mati ini akan menumpuk dalam folikel rambut yang nantinya juga bercampur dengan bakteri (Propionibacteria).

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab jerawat batu lainnya yang tidak kamu sadari adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat penyebab timbulnya jerawat batu bisa bermacam-macam seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, kurang minum air putih dan kurangnya waktu beristirahat. Merokok dapat mempersempit pembuluh di kulit dan akan merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit kamu rusak, maka hal ini bisa mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat batu.

Makanan yang pedas, berminyak, junk food dan makanan bersantan juga dapat membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak dari biasanya yang pada akhirnya juga menimbulkan jerawat batu. Selain itu, kurang istirahat juga akan menghambat regenerasi sel pada kulitmu, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit. Selain itu, kebiasaan buruk seperti mengusap atau menggaruk wajah dengan tangan kotor juga bisa memicu timbulnya jerawat batu.

Selain obat, cara mengatasi jerawat batu juga bisa dilakukan dengan bahan alami yang mudah ditemukan lho. Menariknya lagi perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut cara mengatasi jerawat batu secara alami di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/11/2018).

3 dari 3 halaman

Cara mengatasi jerawat batu secara alami

1. Baking soda

Cara mengatasi jerawat batu cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna.

2. Masker Madu

Cara mengatasi jerawat batu secara alami selanjutnya adalah dengan masker dari madu. Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

3. Lidah buaya

Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

4. Bawang putih

Cara mengatasi jerawat batu dengan bawang putih, ada beberapa cara. Cara pertama, siapkan 3 siung bawang putih. Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus. Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.

Cara kedua, ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya. Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.

5. Jeruk nipis

Cara mengatasi jerawat batu dengan bahan alami ini yaitu siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

6. Putih telur

Cara mengatasi jerawat batu menggunakan putih telur, pertama siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

7. Cuka apel

Cara mengatasi jerawat batu dengan cuka apel yakni bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

8. Lemon

Untuk meminimalisir efek samping tersebut, kamu bisa mencampurkan lemon dengan madu atau air mawar sebelum diaplikasikan ke wajah. Potong lemon menjadi dua bagian, peras sehingga air perasan lemon keluar, kemudian tambahkan madu atau air mawar secukupnya. Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya gunakan lemon hanya untuk mencerahkan noda bekas jerawat, bukan untuk mengeringkan jerawat yang meradang.

9. Kunyit

Cara mengatasi jerawat batu menggunakan kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Kentang

Cara mengatasi jerawat batu dengan kentang yakni kupas, potong kemudian haluskan kentang dengan blender. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.