Sukses

10 Negara Paling Aman di Dunia Menurut Global Peace Index, Bagaimana dengan Indonesia?

Hanya dua negara di Asia yang masuk 10 besar negara paling aman menurut Global Peace Index 2018.

Liputan6.com, Jakarta – Bagi Anda yang suka berpergian ke luar negeri tentu punya banyak pilihan negara mana saja yang mau dikunjungi. Faktor keamanan dan kenyamanan tentu jadi pertimbanan utama. Lalu, negara mana yang paling aman untuk dikunjungi? Apakah di Eropa, Amerika, atau Asia?

Bagaimana dengan Indonesia? Pada Juli 2018, Lembaga Ekonomi dan Perdamaian (Institute for Economics and Peace/IEP) merilis Global Peace Index (GPI) yang merupakan daftar peringkat tahunan dari negara-negara paling aman di dunia.

Daftar ini pertama kali beredar pada 2007 dan diklaim sebagai yang pertama dalam menilai keamanan dan perdamaian seluruh negara di dunia. Di tahun ini, GPI menilai 163 negara untuk menyusun peringkat negara paling aman di dunia.

Seperti dilansir dari ReliefWeb, GP menilai 163 negara tersebut ke dalam tiga kategori kedamaian. Tiga kategori itu adalah, konflik yang sedang berlangsung, tingkat perselisihan, dan militerisasi yang dibagi lagi dalam beberapa sub kategori.

Ada penilaian tingkat kriminalitas, terorisme, senjata, korupsi dan kegiatan pemerintahan. Hasilnya, Islandia terpilih di urutan pertama untuk ke-11 kalinya yang berarti sejak pertama penilaian ini diadakan.

Faktor utama keunggulan negara di Eropa ini adalah karena tingkat kriminalitas yang rendah, hanya 1,8 pembunuhan terjadi dari 100 ribu orang per-tahun di negara yang jumlah penduduknya hanya sekitar 300 ribu jiwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 2 Negara Asia

Islanda tidak punya angkatan bersenjata yang berarti sangat kecil risiko untuk terjadi perang dan para polisi di sana tidak boleh menggunakan senjata api. Dari 10 daftar negara paling aman dari GPI, benua Eropa paling mendominasi.

Austria ada di peringkat ketiga, Portugal urutan keempat, Denmark urutan keenam, Republik Ceko di peringkat ketujuh dan Irlandia urutan ke-10. Peringkat kedua ditempati Selandia Baru, Kanada urutan keempat, Singapura urutan kedelapan dan Jepang di peringkat kesembilan.

Berarti, ada dua negara Asia yang masiuk daftar 10 besar, yaitu Singapura dan Jepang. Namun, Indonesia tak masuk dalam daftar 10 negara palng aman, bahkan tak masuk peringkat 11 sampai 20. Peringkat 11 sampai 20 negara paling aman di dunia ditempati oleh Slovenia, Swiss, Australia, Swedia, Finlandia, Norwegia, Jerman, Hungaria, Bhutan, dan Mauritius. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.