Sukses

7 Museum yang Wajib Dikunjungi Pengemar Manga dan Komik di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi, bila Jepang sangat identik dengan budaya manga dan anime. Maka, jika Anda termasuk penggemar manga dan anime, maka Anda pantang melewatkan berbagai destinasi museum di Jepang yang erat kaitannya dengan itu di Jepang.

Apalagi di negara ini, Anda bisa menjumpai banyak museum manga dan anime. Lantas, apa saja museum manga dan anime di Jepang? Silakan simak di sini.

1. Museum Fujiko F. Fujio

Siapa yang tidak kenal dengan Doraemon? Berawal dari komik, animasi robot kucing tanpa telinga berwarna biru ini sudah ada di Indonesia sejak awal tahun 90an. Penggemar Doraemon yang juga sebagai kolektor berbagai merchandise-nya banyak sekali.

Di Jepang Anda bisa merasakan bagaimana proses pembuatan komik Doraemon yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio saat mengunjungi museum yang terletak di Kanagawa, dekat kota Tokyo ini. Gambar asli yang dibuatnya hingga meja tempat ia menggambar dipamerkan di museum ini. Tidak hanya Doraemon, Fujiko F. Fujio juga menciptakan beberapa komik lain yang juga populer, seperti P-Man.

Anda pun bisa puas membaca komik di sini dan bertemu dengan karakter Doraemon dan kawan-kawannya. Di kafenya, nikmati menu seperti yang ada di dalam komik. Beberapa menu bahkan dibuat sesuai gambar karakter komik.

2. Kyoto International Manga Museum

Surganya manga ada di tempat ini! Setiap tembok tidak luput dari deretan rak berisi manga di mana-mana. Masing-masing lantai terdapat koleksi manga yang disesuaikan dengan jenisnya, seperti lantai satu untuk manga shonen yang khusus untuk remaja laki-laki, sedangkan manga shojo yang untuk remaja perempuan di lantai dua. Anda juga bisa membaca manga dari seluruh dunia di tempat ini.

Museum ini dibuka pada 2006 silam. Tadinya bangunan museum ini merupakan sekolah dasar yang kemudian dijadikan museum. Selain ruang ekshibisi, ada juga ruang untuk workshop, kafe serta halaman luas yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai sambil membaca komik.

3. Museum Osamu Tezuka

Tahu Astro Boy, Fire Bird atau Kimba the White Lion? Penciptanya adalah mangaka Osamu Tezuka. Menghabiskan waktu kecil hingga dewasa di Takarazuka, berdirilah museumnya di kota tersebut. Museum Osamu Tezuka unik banget, lho.

Bentuk dan desainnya seperti kastil Eropa dengan sentuhan futuristik. Di dalamnya Anda dapat melihat berbagai karyanya di dalam sebuah kapsul kaca. Ada perpustakaan, kafe, dan toko suvenir juga di dalamnya.

4. Gosho Aoyama Manga Factory

 

Suka baca komik Detective Conan? Komik tersebut begitu fenomenal dan sampai sekarang pun ceritanya belum usai. Tepatnya di Hokuei Town, Jepang terdapat museum yang berisi segala sesuatu tentang Detective Conan.

Penciptanya, Gosho Aoyama, lahir dan besar di kota tersebut sehingga dibuatlah museum di sana sebagai bentuk penghargaan untuknya. Anda bakal terpukau oleh replika tempat kerja Aoyama ketika membuat komiknya. Cerita tentang perjalanan hidup Aoyama di Hokuei Town sejak lahir hingga sukses sebagai mangaka bisa Anda lihat melalui kumpulan foto, dokumen, dan gambar di layar. Bahkan, di beberapa sudut kota ini Anda pun dapat menemui berbagai patung karakter Conan.

5. Museum Ghibli

Masuki dunia ajaib seperti di dalam film Spirited Away, Howl’s Moving Castle hingga My Neighbor Tororo di Museum Ghibli. Museum yang terletak di Mitaka ini didesain sendiri oleh Hayao Miyazaki. Ia merupakan sutradara terkenal berbagai film animasi keluaran Studio Ghibli yang penuh imajinasi. Anda rasanya tidak akan menyesal mengeluarkan uang untuk tiket masuk museum ini.

Di dalam museum terdapat ruang teater di mana Anda dapat menonton fim pendek Ghibli yang hanya dapat dilihat di tempat itu saja. Ingat! Museum ini juga jarang sepi, Anda harus memesan tiket beberapa minggu sebelumnya untuk dapat masuk ke dalam museum.

6. Ishinomori Mangattan Museum

Shotaro Ishoinomori merupakan mangaka dengan karya antara lain Cyborg 009 dan Kamen Rider. Komik yang terakhir disebut hingga kini sangat populer dan sejak lama dibuat ke dalam versi live-action.

Bentuk museum yang berada di Ishinomaki, Perfektur Miyagi ini sangat unik, mirip seperti pesawat luar angkasa. Di dalamnya Anda bisa melihat karya asli dari Ishinomori serta berbagai replika Kamen Rider dari yang pertama hingga terbaru. Berbagai games seru juga ada di museum ini.

7. Suginami Animation Museum

Inilah tempat yang tepat bagimu untuk mengetahui perkembangan anime Jepang dari masa ke masa. Anda bakal takjub dengan teknologi yang semakin berkembang sehingga hasil anime bisa sebagus sekarang.

Anda juga bisa mencoba untuk membuat anime sendiri serta jadi dubber. Untuk masuk ke dalam musuem yang terletak di Tokyo ini pun ternyata gratis.

Bagaimana, sudah makin tidak sabar untuk mengeksplorasi museum-museum di atas? Jika budget dan waktu sudah tersedia, tunggu apa lagi. Yuk, jalan-jalan ke Jepang! Apalagi, pada tanggal 25 November - 5 Desember 2018, Traveloka menawarkan harga lebih murah melalui promo GIRANG Save on 25th Traveloka yang tersedia juga cicilan 0% menggunakan kartu kredit dan PayLater.

Jadi, silakan pantau setiap promo update dari Traveloka, baik di halaman website mobile maupun desktop serta aplikasi Traveloka. Anda bisa saja mendapatkan, tiket pesawat murah ke Jepang mulai dari Rp3 jutaan pulang-pergi.

 

 

(*)

 

Bikin Pangling, Penampilan Artis Cantik Indonesia Waktu SD Vs Kini
Loading