Sukses

Perasaan Pangeran Charles-Putri Diana Saat Bercerai yang Baru Terungkap

Liputan6.com, Jakarta – Lady Diana dan Prince Charles atau Putri Diana dan Pangeran Charles pernah menjadi pasangan terpopuler di muka bumi. Namun setelah keduanya menikah di tahun 1981 dan dikaruniai dua orang putra, mereka akhirnya berpisah. Putri Diana dan Pangeran Charles memang memiliki hubungan yang penuh gejolak, bahkan sebelum keduanya menikah.

Pangeran Charles lebih dulu berpacaran dengan kakak perempuan Diana, Lady Sarah McCorquodale.Seperti dilansir dari Fimela.com, Diana dan Charles kabarnya hanya pergi tak lebih dari 12 kali sebelum akhirnya bertunangan pada Februari 1981 dan menikah lima bulan kemudian.

Di akhir tahun 1992, perkawinan Charles dan Diana selama 11 tahun adalah bencana di keluarga kerajaan Inggris yang tidak bisa menyembunyikannya lagi. Orangtua Charles, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip pun turun tangan melakukan intervensi tentang hubungan anak-menantu tersebut. Baru terungkap fakta kalau Putri Diana saat itu kecewa pada Charles yang selingkuh.

Philip yang menjadi penengah merasa gagal karena tak bisa lagi menyatukan mereka.Upaya rekonsiliasi mereka tidak berhasil. Pada Desember 1992, Perdana Menteri John Major mengumumkan secara terbuka perpisahan secara damai Charles dan Diana dengan membaca sebuah pernyataan resmi dari keluarga kerajaan.

Setelah berpisah, langkah Diana tak bisa dikontrol. Ia melakukan interview dengan BBC bersama Martin Bashir. Ia mengungkap banyak rumor tentang perselingkuhan sang suami dengan Camilla Parker Bowles serta perjuangannya melawan bulimia. "Ada tiga orang di pernikahan ini, jadi agak ramai," ucap Putri Diana yang sangat populer sampai saat ini.

Ratu Elizabeth pun gerah dan menyerah, ia mengumumkan telah menulis surat pada Charles dan Diana untuk segera bercerai pada Desember 1995. Pangeran Charles dan Putri Diana akhirnya mereka resmi bercerai pada Agustus 1996. Drama baru pun dimulai. Misalnya saja tentang gelar Putri Diana.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Putri Diana

Ratu Elizabeth awalnya membiarkan Diana mendapatkan gelar Princess of Wales. Namun Charles yang mendapat gelar Prince of Wales melarangnya dan semua menyerah pada keputusan mantan suami Diana tersebut.

Beberapa fasilitas yang bisa didapat Diana, di antaranya diizinkan mempunyai apartemennya di Istana Kensington. Tempat itu sekarang menjadi kediaman resmi Pangeran William, Kate Middleton, dan tiga anak mereka. Putri Diana juga mendapatkan akses memakai jet keluarga kerajaan dan bisa menggunakan apartemen negara di Istana St. James dengan izin ratu.

Diana juga boleh menyimpan semua perhiasan yang didapat selama pernikahannya kecuali kado pernikahan tiara Cambridge Lover's Knot tiara. Tiara itu pernah dipinjamkan ke Kate Middleton pada 2015 dan 2016. Istana Buckingham secara terbuka juga menyatakan Putri Diana sebagai ibu ahli waris takhta, dan akan terus dianggap sebagai anggota keluarga kerajaan.

Selain itu, Putri Diana juga akan tetap menerima undangan untuk acara-acara publik negara dan nasional atas undangan pemerintah. Bersama Charles, ia juga diizinkan bergantian untuk liburan bersama kedua anaknya selama libur asrama.Walaupun begitu, Diana belum sempat menerima semua fasilitas tersebut.

Seperti diketahui, ia mengalami kecelakaan tragis yang merenggung nyawanya di Paris setahun setelah resmi bercerai pada 31 Agustus 1997. Meski sudah lama tiada, sosok Putri Diana yang merupakan mantan istri Pangeran Charles masih populer dan terus dibicarakan sampai saat ini. (Novi Nadya)

 

Simak video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pernah Dipakai Dansa dengan John Travolta, Gaun Lady Diana Tak Laku Dilelang
Artikel Selanjutnya
Gaun Putri Diana Saat Menari dengan John Travolta Gagal Dilelang