Sukses

Beda Penampilan Karakter Pemain Keluarga Cemara Dulu dan Kini

Liputan6.com, Jakarta - Harta yang paling berharga adalah keluarga. Mutiara yang paling indah adalah keluarga. Ingatkah Anda akan lirik lagu tersebut? Ya, lagu tema Keluarga Cemara ini tentu tak asing bagi Anda yang besar di era 90-an.

Kini, kurang lebih setelah 14 tahun tamat, sinetron legendaris tersebut diangkat ke layar lebar dan siap tayang di bioskop pada 3 Januari 2019 mendatang. Hadir dengan format baru. sedikit-banyak perubahan pun diperlihatkan karakter pemainnya.

Sebagaimana diketahui, tokoh Abah dulunya diperankan Adi Kurdi, Emak oleh Novia Kolopaking, sebelum digantikan Aneke Putri dan Lia Waroka, beserta ketiga anaknya, Euis (Ceria Hade), Agis (Anisa Pujianti), dan Ara (Pudji Lestari).

Kini, Keluarga Cemara hanya menghadirkan dua dari tiga karakter anak abah-emak, yakni Euis dan Ara. Sekilas dilihat, tentu ada perbedaan yang diperlihatkan keluarga dengan format serupa, tapi beda generasi.

Keluarga Cemara dulu

Abah sebagai karakter yang bersahaja dan sangat mengayomi biasanya berbusana sederhana dengan celana dan kaus loose. Rambutnya yang sudah mulai memutih pun ditata rapi. Sementara, emak sangat menggambarkan ibu rumah tangga kala itu.

Di keseharian, ia lebih sering terlihat memakai daster dengan makeup sangat-sangat minim dan rambut panjang yang dicepol rapi. Sedangkan, Euis yang merupakan karakter anak remaja tampil manis dengan busana kasual. Wajahnya pun polos dengan rambur diikat rapi dan poni depan.

Sementara, Ara dengan karakter anak-anaknya terlihat lebih bebas dengan rambut yang kadang berantakan. Baju terusan tipis sebahu biasanya jadi pakaian keseharian bocah yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) di sinetron Keluarga Cemara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Keluarga Cemara Kini

Lewat poster dan teaser yang diunggah di akun Instagram Keluarga Cemara, Ringgo Agus Rahman sebagai Abah, Emak oleh Nirina Zubir, Zara JKT48 memerankan Euis, dan Widuri Puteri berperan sebagai Ara menampilkan format berbeda.

Ketimbang kaus, Ringgo selaku karakter abah lebih sering memakai kaus berkerah atau polo di keseharian. Dalam beberapa scene, aktor kelahiran Bandung itu juga memperlihatkan rambut yang lebih berantakan dibanding karakter Abah yang dulu diperankan Adi Kurdi.

Wajah Ringgo yang memang sudah jenaka dari sananya pun memberi kesan lain ketika melihat sosok Abah. Tak hanya penyayang dan bersahaja, tapi juga bisa mempertahankan keceriaan keluarganya.

Sementara, Nirina juga memberi sentuhan karakter emak yang lebih trendi walau beberapa kali terlihat memakai kebaya. Meninggalkan rambut yang dicepol rapi, emak di Keluarga Cemara kini nge-bob dengan poni depan.

Busana yang dikenakan pun tak melulu daster, tapi juga beberapa atasan yang memberi kesan lebih modern. Sementara, Zara sebagai Euis juga terlihat lebih kekinian dengan memakai jins dan atasan bernuansa kasual.

Tata rambutnya masih sama, tapi tanpa poni depan, melainkan samping. Masih dengan makeup super tipis, kesan remaja kiranya masih bisa ditemukan di karakter Euis kini.

Di sisi lain, Ara masih membawa semangat anak-anak. Hanya saja, pakaiannya lebih berkonsep atasan-bawahan dengan kaus sebagai penutup badan. Ara pun cukup sering memakai jaket untuk menghalau dingin. Kemudian, untuk gaya rambut, terlihat tak jauh berbeda dengan versi Keluarga Cemara dulu. Mungkin ada lagi perbedaan yang Anda temukan?