Sukses

6 Kebiasaan yang Membuat Kualitas Tidur Anda Kacau

Liputan6.com, Jakarta – Ketika Anda merasakan lelah dan menjadi lebih pelupa, Anda telah menemukan betapa pentingnya tidur yang cukup tiap malam. Meski durasi tidur itu penting, itu bukan satu-satunya aspek ketika menyangkut seberapa baik fungsi otak Anda.

Ada sejumlah kebiasaan tidur yang mengacaukan ingatan Anda, termasuk bermain telepon genggam sebelum tidur. Tapi apapun yang memengaruhi kualitas tidur Anda, dapat memengaruhi ingatan Anda walau telah tidur selama tujuh atau delapan jam seperti yang direkomendasikan.

Tim Royer, seorang neuroscientist mengungkapkan jika tidur sangat penting untuk memori Anda. Dilansir dari Bustle, Rabu (14/11/2018), berikut enam kebiasaan yang dapat mengacaukan kualitas tidur Anda.

Menggunakan Benda Elektronik Sebelum Tidur

Menonton acara streaming atau menggulir media sosial sebelum tidur dapat memengaruhi kuantitas tidur Anda, yang berdampak negatif pada memori Anda. Psikolog perilaku dan ahli tidur, Sara Nowakowski, mengungkapkan paparan cahaya akan mengganggu produksi tubuh melatonin (yang diatur oleh cahaya/kegelapan) dan dapat mengganggu tidur. Disarankan untuk tak menggunakan barang elektronik di tempat tidur dan mematikannya satu jam sebelum tidur untuk memungkinkan tubuh bersantai.

Tidur di Depan TV

Selain itu, memiliki televisi di kamar tidur atau sumber cahaya dan suara dapat menghilangkan kualitas tidur individu dan berdampak pada memori Anda. Penelitian menyebutkan, tidur di depan televisi tak hanya memperburuk kualitas tidur, tapi juga mempersingkat durasi tidur.

Mengonsumsi Kafein di Sore Hari

Kafein dapat menghalangi hormon yang diproduksi tubuh kita yang disebut adenosine, yang disebut "hormon mengantuk". Dianjurkan untuk membatasi kopi atau kafein menjadi dua cangkir sebelum jam 2 siang.

 

2 dari 2 halaman

Waktu Tidur yang Berbeda

Jadwal tidur yang tak teratur tak hanya memengaruhi kualitas tidur dan kuantitas tidur Anda, tapi juga memengaruhi tahapan tidur Anda. Disarankan untuk mempertahankan jam tidur secara konsisten.

Minum Obat Tidur

Minum obat tidur juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan memori Anda. Minum obat tidur bisa menyulitkan Anda tidur secara normal saat sudah berhenti minum obat tidur. Penelitian yang dilakukan Indiana University menemukan, orang dewasa yang menggunakan obat-obatan mempengaruhi gangguan kognitif ringan yang lebih tinggi, termasuk masalah memori, kesulitan memperoleh informasi, dan melakukan tugas-tugas yang rumit.

Tidur dalam Lingkungan yang Buruk

Kebanyakan orang tak menyadari dampak kamar tidur mereka terhadap kualitas tidur. Memiliki lingkungan yang bersih, sejuk, gelap, dan tenang adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang bermanfaat.

Menjaga memori Anda tetap tajam membutuhkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari. Jadi, lakukan apa pun yang Anda bisa untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Lakukan sesuatu apa pun agar Anda dapat istirahat di malam hari dengan baik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Piza hingga Cokelat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur
Artikel Selanjutnya
Inilah Suhu yang Ideal Agar Anda Bisa Tidur Nyenyak dan Berkualitas