Sukses

5 Cara Membuat Roti Maryam yang Lembut dan Enak

Roti ini mudah banget membuatnya. Langsung coba yuk!

Liputan6.com, Jakarta Roti Maryam adalah merupakan salah satu kue khas yang berasal dari timur tengah. Meski begitu roti ini cukup populer di Tanah Air. Apalagi cara membuat roti maryam terbilang cukup mudah. Roti maryam atau yang dikenal juga sebagai kue canai / cane merupakan salah satu jenis roti pipih yang tidak menggunakan bahan pengembang. Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan pokok atau makanan selingan dan disantap bersama dengan bahan pelengkap atau masakan lainnya. Biasanya, roti maryam disantap bersama dengan kari atau juga dimakan dengan menambahkan saus coklat, madu, keju dan topping lain untuk menambah citarasanya.

Kue atau roti maryam adalah salah satu jenis roti yang bentuknya bundar dengan tekstur empuk dan renyah. Bahkan banyak juga yang menyebutnya kue canai atau roti konde karena memang bentuknya seperti konde rambut. Di beberapa negara, seperti Singapura roti ini lebih dikenal dengan nama resep roti prata atau resep roti canai di Malaysia 

 

Baca juga:

 

Cara membuat roti maryam bisa dibilang cukup mudah dan hanya memerlukan sedikit bahan. Proses pembuatannya juga cukup simpel. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, beberapa cara membuat roti maryam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cara membuat roti maryam sederhana

Bahan-bahan

- 500 gr tepung terigu

- 75 gr margarine atau mentega

- 2 sdt garam

- 200 ml air

- 2 butir telur ayam

- 150 ml minyak goreng atau secukupnya

Cara membuat roti maryam sederhana:

- Masukkan tepung terigu dalam wadah yang cukup besar.

- Masukkan telur ayam, garam, dan air kira-kira 50 ml. Aduk hingga campuran merata. Uleni adonan sambil sesekali dibanting sehingga adonan menjadi kalis.

- Ambil adonan dan buat bulatan, lalu masukkan ke dalam wadah yang bisa ditutup. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam sehingga adonan mengeras.

- Setelah kurang lebih 2 jam, ambil adonan bulat kemudian potong atau iris-iris. Pisahkan setiap 50 gr irisan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

- Ambil adonan yang diiris kemudian kembali iris dengan menggunakan tangan.

- Ambil wadah besar, olesi dengan minyak goreng. Ambil irisan adonan lalu bentangkan sehingga keluar guratan tipis. Perciki dengan menggunakan mentega cair. Kemudian satukan guratan adonan tersebut. Gulung hingga berbentuk bulatan padat.

- Masukkan dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.

- Keluarkan adonan, tuang minyak dalam wajan anti lengket. Masukkan adonan kemudian pipihkan dengan menekan permukaan adonan di atas wajan.

- Tuang minyak dalam penggorengan dan panaskan dengan menggunakan api sedang.

- Masukkan adonan dan masak satu per satu hingga matang. Angkat dan tiriskan.

- Sajikan dengan menggunakan berbegai topping sesuai selera.

 

Baca juga:

 

3 dari 6 halaman

2. Cara membuat roti maryam yang lembut

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu serbaguna

- 100 ml susu cair

- 1 btr telur

- 5 sdm margarin, cairkan

- 5 sdm minyak goreng

- 1/2 sdt garam

- Air secukupnya

Cara membuat roti maryam yang lembut:

- Campurkan susu cair, telur, margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau balloon whisk hingga semua bahan tercampur.

- Masukkan tepung terigu, aduk rata. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyelsuaikan tekstur adonan. Tekstur adonan yang ideal untuk membuat roti maryam adalah seperti adonan kulit martabak telur. Adonannya lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis.

- Sesudah adonan kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang.

- Sesudah 1 jam, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.

- Setelah didiamkan, adonan kini siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng.

- Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti saat tukang martabak membuat kulit martabak telur. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini adonan berbentuk seperti karpet yang digulung.

- Gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan. Kalau adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan kiri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa.

- Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5-1cm atau sesuai selera.

- Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan.

- Sajikan roti maryam selagi hangat.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 6 halaman

3. Cara membuat roti maryam yang enak

Bahan

- 500 gram tepung terigu (protein tinggi)

- 4 butir kuning telur (ayam/bebek)

- 100 ml susu UHT Full cream

- 100 ml air hangat

- 1 sdt garam

- 125 gram margarin

- 125 grm margarin cair utk olesan

Cara membuat roti maryam:

- Campurkan semua bahan (kecuali margarin leleh), aduk menggunakan mixer (pakai yg spiral) atau bisa juga dengan tangan. Uleni adonan sampai kalis.

- Setelah adonan kalis, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sekitar 50gr dan susun berurutan pada wadah datar yang bersih.

- Ambil bulatan adonan sesuai urutannya, lalu dilebarkan/dipipihkan seperti membuat martabak telur lagi bikin kulit atau kalau susah memakai gilingan kayu dan giling setipis mungkin.

- Oleskan margarin cair pada seluruh permukaan adonan, lalu lipat seperti melipat kipas dari kertas dan tarik sepanjang mungkin (jangan sampai putus)

- Lalu, gulung adonan menjadi seperti konde. Lakukan sampai bahan habis

- Panaskan teflon anti lengket dan pipihkan adonan bentuk konde dengan spatula

- Pastikan semua dikerjakan secara berurutan sesuai dengan bahan yang dibulatkan lebih dahulu, jika ingin disimpan di freezer, tetapi harus dimasak dulu di teflon, namun jangan smpai terlalu coklat (bikin setengah matang aja), baru simpan didalam freezer.

5 dari 6 halaman

4. Cara membuat roti maryam khas Arab

Bahan :

- 500 gr tepung terigu protein tinggi

- 1 1/2 sdt garam

- 200 ml air

- 2 btr telur

- 80 ml minyak goreng untuk adonanminyak goreng untuk celupan

- 50 gr margarin / butter 

Cara membuat roti maryam khas Arab:

- Masukkan semua bahan kecuali margarin dalam alat pembuat roti / mixer kemudian uleni selama 15 menit hingga tercanpur rata, diamkan adonan selama 15-20 menit.

- Bagi adonan rata masing-masing @50 gr, bulatkan dan celupkan dalam minyak selama 30-40menit

- Pipihkan dan lebarkan adonan, olesi dengan butter, lalu gulung memanjang. Setelah itu bentuk melingkar.

- Taruhlah diatas wajan pipih yang sudah panas dan beri sedikit minyak goreng, tekan dengan sutil hingga melebar, lakukan hingga matang kuning kecokelatan.

- Sajikan selagi hangat dengan kari atau gulai

6 dari 6 halaman

5. Cara membuat roti maryam isi daging

Bahan-bahan:

- 12 sdm tepung terigu

- 1 sachet skm putih dicampur ± 50 ml air panas

- 1 butir telur ayam kampung

- 1/2 sdt garam atau sesuai seleragula secukupnya sesuai dengan seleramargarin cair secukupnya

- secukupnya minyak goreng

Bahan isian :

- 3 lembar daging asap1 siung bawang putih

- 1/2 siung bawang bombay ukuran kecil

- 1/2 buah tomat

- 3 sdm keju parutmerica, garam, penyedap rasa, pala bubuk secukupnya

- 1 sdt maizena diencerkan sedikit air dan santan (boleh skip) 

Cara membuat roti maryam isi daging:

- Campur tepung, air panas yang sudah dicampur skm, telur kocok, garam, gula, margarin cair. Uleni adonan sampai kalis, tambahkan sedikit minyak, campur lagi.

- Bentuk bulatan kecil. Lumuri dengan minyak goreng secara merata. Tuutup dengan kain, diamkan 1 jam.

- Buat isian. Cincang halus daging asap,bawang putih, bawang bombay, tomat. Tumis dengan margarin bawang dan daging. Masukkan parutan keju dan tomat. Tambahkan penyedap rasa, pala, merica, garam. Terakhir sedikit maizena dan santan. Aduk rata dan angkat jika sudah matang.

- Ambil bulatan adonan, gilas sampai tipis, tapi jangan terlalu tipis, karena akan diisi. Olesi dengan margarin cair, taburi dengan isian, tidak perlu penuh, sedikit ditekan.

- Gulung kecil memanjang lalu bentuk bulatan melingkar seperti konde. Lakukan semua sampai adonan habis.

- Tekan yang kuat adonan maryam,hingga ketebalan kurang lebih 1 cm Olesi kembali margarin cair.

- Panaskan teflon tanpa minyak dengan api kecil selama ± 2 menit. Masukkan adonan,balik2 hingga kecoklatan sambil sedikit ditekan.

- Siap dihidangkan. Sajikan selagi hangat enak saat dimakan.

 

Nah, itu tadi beberapa cara membuat roti maryam. Kamu bisa mengkreasikan roti maryam buatanmu dengan beberapa saus atau selai yang sesuai dengan seleramu.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini