Sukses

Cara Membuat Bakso Ikan Lele yang Kenyal dan Gurih di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Cara membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni 'daging giling'. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Bakso yang terbuat dari daging sapi memang sangat umum kita jumpai di berbagai tempat. Namun untuk harga daging sapi sendiri sering tak menentu dan bisa membuat alternatif lain dengan membuat bakso ikan. Bakso ikan sendiri memiliki rasa yang gurih dan juga biasa menggunakan daging ikan tenggiri, ikan lele, ikan kakap, ikan tuna atau jenis lainnya.

Yang paling utama tentu bahan utama resep bakso ikan yang digunakan harus benar-benar ikan segar dan kualitasnya baik. Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, seperti ikan patin, ikan kerapu, ikan tenggiri, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah diproses menjadi bakso ikan yang enak dan lezat. Yang paling penting daging ikan tersebut harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan kuah yang dibikin nanti hasilnya juga menjadi kenyal dan nikmat disantap. Satu lagi yang paling penting adalah daging ikan yang digunakan harus benar-benar bersih dari duri ikan.

Nah, kalau kamu sedang pengen makan bakso ikan tapi nggak mau ribet ke pasar untuk mencari ikan tenggiri atau lainnya, kamu bisa coba dengan ikan lele. Ya, seperti yang kita ketahui ikan lele sangat mudah didapatkan. Penasaran cara membuatnya? Berikut cara membuat bakso ikan lele yang kenyal dan gurih seperti Liputan6.com rangkum, Selasa (30/10/2018).

2 dari 5 halaman

Bahan cara membuat bakso ikan:

500 gram ikan lele yang sudah bersih dari duri dan kulitnya

3-4 siung bawang putih

Es serut sedikit saja untuk campuran memblender bahan bakso ikannya

2½ - 3 sdm tepung sagu atau tapioka. Sebaiknya menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek

2 butir telur ayam, putihnya saja. Dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan lain.

1-2 sdm gula pasir

Garam secukupnya

Merica bubuk sedikit saja

Air bersih secukupnya

3 dari 5 halaman

Cara membuat bakso ikan:

1. Langkah pertama masukkan daging ikan lele ke dalam blender bersama dengan putih telur, bawang putih, garam, gula pasir dan es serut sedikit saja. Haluskan semua bahan tersebut sampai benar-benar halus.

2. Siapkan satu wadah dan tuang hasil blenderan ikan.

3. Tuang tepung sagu atau tepung tapiokanya sambil diaduk-aduk dan diuleni searah jarum jam dan sedikit digilas seperti mencuci baju sampai semua bahan tercampur rata (kurang lebih selama 5 menit).

4. Tepung sagu atau tapioka bisa ditambahkan sedikit saja apabila dirasa masih terlalu lembek.

5. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih kemudian matikan apinya.

6. Bentuk adonan bakso di genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan bakso.

7. Ambil adonan pentol bakso dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci. Ulangi sampai adonan pentl bakso ikannya habis.

8. Rebus kembali bakso dengan api sedang kecil sampai pentol bakso ikannya mengambang dan matang.

9. Setelah matang segera angkat dari panci, tiriskan dan dinginkan.

4 dari 5 halaman

Bahan dan cara membuat kuah bakso ikan:

1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi

12 siung bawang putih, sampai halus untuk ditumis nantinya.

1 bungkus kaldu sapi instan

Merica halus secukupnya

Garam secukupnya

1 liter air bersih

5 dari 5 halaman

Cara membuat kuah bakso:

1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.

3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.

4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.

5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.

6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

Bom Bunuh Diri Tewaskan 2 Polisi Mesir

Tutup Video