Sukses

Cara Membuat Kue Nastar Keju yang Lembut dan Lumer di Mulut, Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Kue kering dengan bentuk bulat ini biasanya menjadi hidangan camilan yang wajib saat hari raya Lebaran. Tetapi sebenarnya kue nastar ini juga enak dan nikmat untuk dijadikan camilan sehari-hari lho. Rasanya yang gurih dengan perpaduan manis dan asamnya selai nanas pasti membuat ketagihan setiap orang yang memakannya. 

Kue nastar memang salah satu kue kering Lebaran yang paling banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Hampir bisa dipastikan kalau kue kering satu ini pasti ada di meja tamu atau toples saat Lebaran tiba. Bahkan mungkin kalau tidak ada kue nastar ini pasti ada yang menanyakannya. 

Bahan-bahan untuk membuat kue nastar sih sebenarnya cukup sederhana. Tidak beda jauh dengan bahan untuk membuat kue kering Lebaran yang lainnya. Tetapi banyak di antara kita yang gagal dan hasil jadinya tidak lembut dan bahkan keras. Malah mungkin pecah saat dipanggang di oven atau terlalu gosong sehingga tidak cantik warnanya. 

Cara membuat kue nastar yang lembut dan lumer di mulut memang membutuhkan perhatian khusus. Untuk membuat kue nastar yang empuk dan tidak mengeras, pertama yang harus diperhatikan adalah saat mengocok atau mixer butternya. Jangan terlalu lama dan saat mengaduk adonan juga cukup menggunakan spatula saja. Jangan menguleni dengan tangan karena nanti bisa membuat butternya lumer. Adonan resep kue nastar yang sudah jadi sebaiknya langsung dibikin saat itu juga, jangan menunggu lama bisa membuat adonan yang mengandung butter tadi sedikit lembek dan hasilnya tidak renyah.

Tips selanjutnya untuk membuat kue nastar keju yang lembut adalah jangan dipanggang dengan api terlalu besar. Kalau menggunakan oven terlalu panas selain bisa gosong juga akan membuat kulit nastarnya nanti gampang pecah dan retak-retak. Adonan untuk kulit kue nya juga jangan terlalu tipis ya. Selain itu isi selai nanas nya juga secukupnya saja. Nah dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Minggu (21/10/2018) berikut cara membuat kue nastar keju yang lembut dan lumer di mulut .

2 dari 6 halaman

Bahan selai nanas

- 4-5 buah nanas segar. Kupas kulitnya kemudian cuci bersih dan buang bagian tengah nanas.

- 200 gram gula pasir

- 1 batang kayu manis

- 1 sdt garam

3 dari 6 halaman

Cara membuat selai nanas

1. Pertama haluskan atau blender buah nanas yang sudah dipotong-potong sampai halus. Bisa juga diparut manual untuk menghaluskannya.

2. Siapkan wajan dengan api kecil kemudian masukkan nanas yang sudah halus. Jangan lupa air juice blenderan nanas juga dimasukkan.

3. Aduk-aduk nanas blenderan sampai airnya menguap semua.

4. Masukkan gula pasir, garam dan masukkan kayu manisnya.

5. Aduk-aduk semua bahan selai nanas untuk nastar tadi sampai benar-benar mengental dan berbentuk selai.

6. Angkat dan dinginkan baru kemudian masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara.

4 dari 6 halaman

Bahan Nastar

300 gram tepung terigu berprotein rendah, diayak halus

- 90 gram gula halus atau bubuk

- 2 butir telur diambil kuningnya saja

- 150 gram mentega atau butter kualitas bagus. Sebaiknya menggunakan merek Golden Churn, Hollman Butter atau wijsman sesuai selera.

- 50 gram tepung maizena

- 100 gram margarin

- 50 gram susu bubuk

- 50 gram keju edam atau cheddar yang sudah diparut

5 dari 6 halaman

Bahan Olesan dan Topping Nastar

Bahan untuk olesan

- 1 sdm susu cair

- 2 sdm madu

- butir telur, diambil kuningnya saja

Bahan taburan atau topping nastar

Keju parut secukupnya sesuai selera atau potongan cengkeh.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Nastar Keju

1. Pertama ambil wadah adonan dan masukkan butter, margarin dan gula bubuk.

2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata kurang lebih selama 2 menit.

3. Masukkan kuning telur ayamnya satu persatu kemudian kocok lagi dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Jangan terlalu lama kurang lebih selama  1 menit saja.

4. Campur tepung maizena dengan tepung terigu dan susu bubuknya di tempat lain kemudian aduk sampai rata.

5. Tuang sedikit demi sedikit campuran tepung tadi ke adonan kulit nastar sambil diaduk dengan spatula sampai rata. Tidak perlu pakai mixer, cukup pakai spatula kayu.

6. Setelah tercampur rata kemudian tuang keju parutnya dan aduk-aduk pelan sampai tercampur rata.

7. Setelah selesai segera bentuk adonan nastar keju tadi sama besar dengan bentuk bulatan. Ukuran jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

8. Gilas adonan sehingga agak pipih dengan ketebalan sedang kemudian isi dengan selai nanas secukupnya kemudian bulatkan kembali.

9. Ulangi sampai semua adonan nastar habis.

10. Ambil loyang dan letakkan bulatan kue nastar di atasnya. Sebaiknya loyang dialasi dengan kertas roti supaya tidak lengket dan jangan diatur terlalu dekat.

11. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu sekitar 150 derajat sampai 160 derajat celcius.

12. Panggang sampai agak matang atau kurang lebih selama 15 menit saja kemudian keluarkan dari oven.

13. Olesi atas kue nastar nanas keju dengan bahan olesan kemudian langsung beri taburan keju parut atau cengkeh untuk toppingnya.

14. Masukkan loyang tadi ke dalam oven dan panggang sampai matang atau kurang lebih selama 20 menit lagi.

15. Setelah matang keluarkan dan dinginkan.