Sukses

Intip Fakta di Balik Medali Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Pesta olahraga multicabang untuk penyandang disabilitas se-Asia, Asian Para Games 2018 secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Ajang ini akan berlangsung hingga 13 Oktober mendatang.

Seperti Asian Games lalu, kini Jakarta kembali didaulat sebagai tuan rumah. Asian Para Games 2018 mempertandingkan 18 cabang olahraga dan sebanyak 42 negara di Asia yang akan berkompetisi.

Di sisi lain, medali tentu sangat erat kaitannya dengan sebuah pertandingan, termasuk di Asian Para Games 2018. Perolehan medali menjadi satu bukti dari kerja keras, pantang merah, dan wujud semangat dari para atlet.

Perjuangan meraih kemenangan yang tidak mudah tersebut, tidak jarang membuat para atlet menitikkan air mata bahagia ketika menerima medali dan lagu kebangsaan berkumandang.

Sementara, ada beberapa fakta menarik di balik medali yang dipersembahkan di Asian Para Games 2018. Seperti apa? Yuk, simak rangkuman selengkapnya lewat rangkuman di bawah ini.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Fakta Medali Asian Para Games 2018

Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 menghadirkan berbagai cerita yang wajib untuk diketahui. Tidak terkecuali dengan fakta yang ada di balik medali yang memiliki makna dalam beberapa komponen pembuatannya.

Medali Asian Para Games 2018 memiliki huruf braille yang dapat membantu para atlet penyandang tunanetra dengan mudah mengenali jenis medali. Semua medali berisi manik-manik yang menghasilkan suara saat terguncang. Suara itu berasal dari manik-manik di dalam medali.

Masing-masing medali memiliki jumlah manik-manik yang berbeda-beda. Untuk medali emas terdapat 26 manik-manik, medali perak ada 20 manik-manik, serta medali perunggu dengan 16 manik-manik.

Selain itu, di bagian atas medali Asian Para Games 2018 juga terdapat tulisan 3rd Asian Para Games Indonesia 2018. Sedangkan di bagian bawah tertulis Inspiring Spirit and Energy of Asia.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ni Nengah Widiasih Tak Menyesal Turun Kelas di Asian Para Games
Artikel Selanjutnya
Asian Para Games 2018: Atlet Catur Indonesia Siap Tempur