Sukses

GenWI Selandia Baru Gencar Promosikan Pariwisata Indonesia

GenWi bangga dengan promosi Kemenpar di Selandia Baru.

Liputan6.com, Selandia Baru Generasi Wonderful Indonesia (GenWi) merasa bangga dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang kian gencar mempromosikan pariwisata Indonesia. Bahkan, Kemenpar juga mengajak warga Indonesia yang berada di luar negeri untuk ikut mempromosikan pariwisata Indonesia ke warga asing melalui komunitas GenWi. Salah satu GenWI yang baru terbentuk adalah Genwi Selandia Baru.

"Sekarang Indonesia promosi sudah berbeda, sudah masif, pameran-pamerannya sudah membanggakan. Kami akan terus ikut berjuang membantu memviralkan karya-karya promosi Kemenpar di luar negeri," ujar Wakil Ketua GenWi Selandia Baru, Kevin Chris.

Ia sudah melihat sendiri eksistensi Kemenpar di Selandia Baru. Hal ini terjadi di salah satu event terbesar di Selandia Baru Travel Expo Selandia Baru di Gedung ASB Show Ground Auckland, pada 29 hingga 30 September 2018.

"Bangga saya, booth kita besar, tarian kita bagus. Jujur saja, kalau sudah mengalahkan Malaysia dan Thailand kebanggaan itu semakin hebat. Karena booth Indonesia jauh lebih besar dari booth dua negara itu," ucap Kevin yang hadir dengan anggota GenWi Auckland, Jacynda Darmawan.

Ia menjelaskan, Kemenpar telah melakukan langkah benar dengan menyasar Selandia Baru. Sebab, saat ini Selandia Baru sudah mulai mengenal Bali pasca maskapai Emirates membuka penerbangan penerbangan langsung dari Auckland ke Bali dan sebaliknya. Sebelumnya, wisatawan mancanegara (wisman) asal Selandia Baru pilihan berwisatanya adalah ke Fiji, Hawaii, dan Australia.

"Kini, mereka ada pilihan lagi yang jauh lebih besar. Jauh lebih hebat dan indah, yakni Indonesia. Saya bisa memastikan, Indonesia jauh lebih bagus dari Selandia Baru. Saya sendiri saksinya selama tinggal di sini dan wisata di Indonesia," kata Kevin.

Lanjutnya, Indonesia memiliki semuanya, mulai dari gunung, savana, hutan, dan sungai.

"Apalagi bentangan pantainya, juara dunia! Yuk ke Indonesia," ujar Kevin.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Kemenpar, Adella Raung, pun mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian dan perhatian anak-anak muda Indonesia yang ada di Selandia Baru. Menurutnya, membangun pariwisata Indonesia bukan hanya tugas Kemenpar semata, tetapi juga tugas semua pihak.

”GenWi itu bukan komunitas biasa, GenWi masuk dalam unsur Pentahelix pariwisata Indonesia, yakni unsur ABCGM: Akademisi, Business, Community, dan Government. Karena pariwisata harus dibangun dengan semua unsur tersebut,” ucapnya. 

GenWi diisi oleh para pelajar dan diaspora yang ada di luar negeri. Para blogger, vlogger, fotografer, videografer, traveler, jurnalis, reporter, dan influencer, juga banyak yang bergabung.

"Sekarang eranya sudah sosial media. Bahkan, efektifitasnya sangat tinggi untuk berpromosi. GenWi saya harap untuk terus memviralkan ajakan ke Indonesia di semua platform di Selandia Baru. Sekarang ada penerbangan ke Bali dan silakan Bali menjadi bandara hub untuk ke destinasi yang lainnya," kata Kepala Bidang Pemasaran Area IV (New Zealand, Oceania), Titik Lestari.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam berbagai kesempatan selalu mengatakan bahwa GenPi dan GenWi harus punya creative values dan commercial values. Menteri asli Banyuwangi ini menjelaskan bahwa dunia kini sudah mulai berubah dan dunia kita sudah dalam genggaman.

More digital more global, more digital more personal, more digital more professional. GenWi Selandia Baru sudah memberikan contoh yang baik dalam bersosial media, mari kita bergandeng tangan untuk membangun pariwisata Indonesia melalui sosial media, ajak terus wisatawan Selandia Baru untuk datang ke tanah air kita. Terima kasih," kata Arief.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.