Sukses

Sontek 5 Kebiasaan Habis Gajian yang Bikin Kamu Lebih Kaya

Liputan6.com, Jakarta Gajian selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu kebanyakan umat manusia di seluruh dunia, termasuk orang-orang Indonesia. Layaknya perayaan tahun baru, tanggal 25 bagi seorang karyawan adalah puncak kebahagiaan dari semua tanggal yang ada. Suasana hati yang awalnya keluh kesah dan harap-harap cemas berubah drastis menjadi sosok dengan aura positif dan penuh kebahagiaan.

Dibalik indahnya hari gajian, ada satu hal yang penting banget untuk kamu perhatikan. Yakni, jangan sampai menjadi orang yang hedon di awal bulan dan baru sadar keuangan sudah menipis di tengah bulan.

Supaya kebahagiaan hari gajian tidak semu, sontek 5 kebiasaan habis gajian yang bikin kamu bahagia lahir-batin.

 1. Prioritas Bayar Utang dan Menabung

 

 

Membayar utang sudah menjadi kewajiban yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan gaji. Segera alokasikan gajimu untuk membayar utang dan cicilan. Selanjutnya kamu sisihkan gaji untuk ditabung, kalau kebiasaan menabung ini dilakukan setiap bulan, pundi-pundi hartamu akan terus meningkat setiap bulannya.

2. Disiplin Belanja

 

Berbelanja dengan daftar kebutuhan bisa menghemat 20-25 persen pengeluaran dari pada tanpa daftar belanja. Selain itu, daftar belanjaan akan memudahkan kamu belanja sesuai kebutuhan dan tidak membeli barang yang tidak perlu.

Sebelum membeli sesuatu terapkan 5 pertanyaan ini pada diri sendiri. “Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini? Akan sering saya pakai tidak ya? Namun, saya mampu tidak nih membelinya? Duh, worth it tidak ya? Beneran ingin beli tidak ya?” Dengan lima pertanyaan ini kamu bisa lebih rasional saat tergoda membeli barang mahal dan mewah.

3. Jatah Mingguan dan Hindari ATM

 

Jika kamu sering mendatangi ATM untuk mengambil uang, kamu bisa mulai menghindarinya mulai dari sekarang. Siapkan uang tunai dalam dompet untuk kebutuhan mingguan.

Misalnya nih, dalam seminggu kamu tidak boleh menghabiskan uang lebih dari Rp500 ribu. Maka, siapkan uang tunai sesuai  jatah mingguan yang ditentukan di dalam dompet. Dan kuatkan diri dari godaan untuk memakai kartu kredit atau debet saat berbelanja. Jadinya, nanti tidak akan tergoda membeli barang yang tidak diperlukan.

4. Buat Jadwal Liburan

Liburan bikin miskin dan boros itu pemikiran yang salah besar. Malah sebaliknya lho. Dengan memiliki rencana liburan, kita akan menjadi orang yang lebih disiplin untuk mengatur keuangan.

 

 Liburan itu penting sekali bagi para pekerja, selain bisa melepas kepenatan dan stress, liburan juga bisa membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja dan mencari uang lebih keras. Kalau kamu punya tujuan ingin jalan-jalan ke luar negeri, tentu kamu semakin semangat mengumpulkan uang. Semangat dan kebiasaan yang baik ini tentu jadi jalan untuk menjadi orang kaya bukan?

Supaya rencana liburan makin menyenangkan kamu bisa manfaatkan promo tiket pesawat murah, booking hotel murah dan sewa mobil murah yang ada di tiket.com.

 

Yap, tiket.com punya promo gajian bulan September buat kamu semua yang ingin merayakan gajian dengan jalan-jalan ke destinasi favorit. Ada banyak promo mulai dari diskon tiket pesawat murah, hotel, sampai sewa mobil. Diskon hingga Rp 1,2 juta bakal ada mulai 25 September 2018!

 

 

5. Bersyukur dan Bersedekah

Seberapa besar keinginanmu untuk menjadi kaya, selalu bersyukur sangat penting untuk dilakukan. Dan jika ingin makmur, kamu bisa mulai untuk bersedekah nih.

 

Sesungguhnya dari bersedakah dengan niat ikhlas banyak manfaat langsung dapat dirasakan di dunia. Bahkan, dengan banyak bersedekah maka seseorang akan semakin kaya. Sebab Sang Pencipta akan meningkatkan derajat orang yang senang bersedekah. So, kamu juga bisa mulai bersedekah dari sekarang untuk meraih kemakmuran.

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Bisnis Travel Online Butuh Investasi Besar, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Kinerja Penjualan Hotel Naik 250 Persen, tiket.com Fokus Bisnis Hotel