Sukses

Warga Antusias Ikut Program Pengecatan Gapura Merah Putih

General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew, dan Komika, Uus, turut dalam pengecatan Gapura Merah Putih.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-73, berbagai cara yang dapat dilakukan tentu saja berbeda untuk tiap daerah di Indonesia. Umumnya, mulai dari berbagai perlombaan, pameran, serta seni yang dipertunjukkan.

Namun, ada kegiatan yang tidak kalah menariknya untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, yaitu pengecatan gapura. Seperti yang dilakukan oleh Nippon Paint. Untuk ketiga kalinya produsen cat kenamaan tersebut menggelar program ‘Gapura Merah Putih’.

Diselenggarakan di 30 kota di Indonesia pada 28 Juli – 13 Agustus 2018, tahun ini Nippon Paint menargetkan pengecatan 6000 Gapura Merah Putih dan memecahkan rekor MURI tahun sebelumnya untuk “Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak di Indonesia”. Hal ini setelah melihat partisipasi masyarakat yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew, mengatakan bahwa warga Palmerah dan Kebun Jeruk, Jakarta Barat sangat antusias dalam mengikuti program Gapura Merah Putih.

Kegiatan ini memiliki tujuan menjaga semangat gotong royong di dalam masyarakat. Mempererat persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, agama, dan status sosial. Setiap tahunnya, Nippon Paint bersama warga selalu termotivasi untuk memberikan hasil yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Mengenai program itu, lanjut Mark, Gapura Merah Putih merupakan sebuah program yang telah dilakukan sejak 2016, dan tahun ini pengecatan tidak hanya dilakukan di area perumahan saja. Namun, juga di area sekolah dan kantor pemerintah.

Kegiatan ini disambut ceria oleh warga setempat. Salah satunya warga RT 02/03 Kelurahan Sukabumi Utara, Palmerah, Jakarta Barat.

Ketua RT setempat, Abdul Chair Ilyas, mengatakan bahwa pengecatan gapura dari Nippon Paint memberikan suasana yang berbeda dalam merayakan hari kemerdekaan di areanya.

“Warga saling memberikan idenya untuk mengecat Gapura Merah Putih. Yang paling penting, warga punya kegiatan positif dan kompak untuk merayakan kemerdekaan. Semoga kegiatan ini dilaksanakan lagi di tahun depan,” ujarnya.

Perlu diketahui, Gapura Merah Putih dicat dengan cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect warna edisi khusus “Merah Merdeka 1945” sesuai warna merah bendera nasional Indonesia dan Nippon Weatherbond warna putih “Brilliant White 1001”, dengan tambahan Nippon Metallic Paint (Water-Based) warna “Real Gold 3100”, warna emas yang disediakan oleh Nippon Paint. Semua gapura yang mengikuti program ini dari teknologi mesin tinting Nippon Paint, sehingga warna Gapura Merah Putih akan 100% seragam dan konsisten dari Sabang sampai Merauke.

Hingga berita ini diturunkan, total gapura yang telah dicat oleh Nippon Paint saat ini total 7,488 dan membutuhkan 80.486 liter cat yang diberikan oleh Nippon Paint.  

Tidak hanya pengecatan, terdapat pula kompetisi video Yel-yel Merah Putih dengan total hadiah 250 juta Rupiah. Setelah melalui penilaian, terdapat 10 finalis dari Pulau Jawa dan 10 finalis dari luar Pulau Jawa.

Terpilih sebagai pemenang adalah Gapura Subali RT. 03 RW. 18 Desa Mangliawan, Pakis, Malang sebagai Juara Nasional.  Informasi selengkapnya mengenai Kompetisi Video Yel-Yel Merah Putih dapat dilihat di Facebook.com/NipponPaintIndonesia.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.