Sukses

Ingin Tidur Jadi Ibadah di Bulan Ramadan? Begini Caranya

Aktivitas mengistirahatkan tubuh dan pikiran dengan cara tidur bisa menjadi ladang pahala, jika kita melakukannya sesuai dengan amalan Nabi.

Liputan6.com, Jakarta Tidur bagi orang berpuasa termasuk ibadah. Namun ternyata tidak asal tidur yang menjadikannya ibadah. Aktivitas mengistirahatkan tubuh dan pikiran ini menjadi ladang pahala jika kita melakukannya sesuai dengan amalan yang terbiasa dilakukan oleh Nabi.

Apalagi di bulan puasa, kegiatan mengistirahatkan badan yang tampaknya sepele dan sederhana bisa menjadi sumber pahala bagi kita.

Lalu bagaimana caranya agar tidur kita menjadi ibadah? Dirangkum dari berbagai sumber, simak amalan-amalan berikut yang dicontohkan Nabi sebelum tidur.

Berwudhu

Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk menyucikan diri dengan berwudhu. Anjuran untuk membersihkan muka juga sejalan dengan anjuran perawatan rutin yang harus kita lakukan sebelum mengakhiri hari. Mencuci muka dan dilanjutkan dengan berwudhu akan menghilangkan sisa-sisa makeup ataupun kotoran yang melekat di wajah, sehingga menghindari timbulnya jerawat. Wajah menjadi bersinar, pahala pun mengalir.

Membersihkan tempat tidur

Amalan kedua yang bisa kita lakukan menjelang tidur adalah membersikan tempat tidur. Nabi menganjurkan kita untuk mengibaskan tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Anjuran ini dimaksudkan agar tempat tidur yang kita tempati bersih dari segala macam kotoran dan debu, juga menghindari apabila terdapat binatang yang bisa mengganggu seperti semut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membaca surat pendek

Terdapat beberapa surat dan ayat Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur, antara lain Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas. Adapun ayat yang sebaiknya dibaca adalah ayat Kursi. Membaca surat tersebut dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan diri dan agar terhindar dari gangguan gaib.

Membaca doa

Selain membaca beberapa surat pendek, kita juga dianjurkan membaca doa sebelum tidur. Berdoa merupakan bentuk kepasrahan kepada Allah yang menjaga kita selama tidur dan menghidupkan kembali saat bangun nanti.

 

3 dari 3 halaman

Berbaring menghadap kanan

Diajurkan untuk berbaring menghadap ke sebelah kanan saat memulai tidur. Namun saat sudah tertidur, tidak apa-apa jika posisi badan berubah.

Ana Fauziyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.