Sukses

14 Cara Cepat Berbahasa Inggris Tanpa Kursus Mahal

Jakarta Saat ini rasanya hampir tidak ada orang yang tidak bisa berbahasa Inggris. Sebab globalisasi membuat bahasa ini dipakai sebagai bahasa internasional.

Bahasa Inggris sendiri berasal dari Britania pada abad ke 8. Perkembangan kosa kata bahasa Inggris pun sangat cepat. Peneliti Harvard University menyatakan setidaknya ada 8500 kosakata baru per tahun.

Mengapa dibutuhkan bahasa internasional? Tentu saja bahasa internasional dibutuhkan agar orang dari berbagai belahan dunia dapat berbicara dengan bahasa yang sama. Bayangkan saja jika tidak ada bahasa yang dipakai sebagai bahasa internasional. Indonesia saja memiliki 1121 bahasa yang tercatat oleh BPS pada tahun 2010 dan membutuhkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Meski ada banyak orang yang fasih atau cas cis cus berbahasa Inggris, sayangnya Anda termasuk ke dalam golongan yang kurang mahir berbicara dengan bahasa ini. Well, hal ini bisa dimaklumi mengingat Anda adalah orang Indonesia dan bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu.

Nah, daripada minder akan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan, kenapa Anda tidak mencoba belajar berbahasa Inggris? Tak perlu mengikuti kursus bahasa Inggris yang seringkali tidak murah, ada beberapa cara belajar bahasa Inggris seperti yang dirangkum Liputan6.com (30/5) yang bahkan bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

 

2 dari 4 halaman

Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak)

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar

Sebelum Anda mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya Anda mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Di zaman teknologi ini tentu mudah bagi Anda untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Jika Anda pecinta musik tentu belajar sambil mendengarkan musik sangat menyenangkan bagi Anda. Dalam tahap ini Anda tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget Anda. Setelah lirik lagu selesai Anda tulis, cek lirik tersebut di Internet. Apakah benar semua atau ada yang salah.

Hal ini akan menambah tingkat kesensitifan telinga Anda terhadap bahasa Inggris (listening).

3. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Hal menyenangkan lain yang bisa Anda gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat Anda semakin pintar, mulailah dengan menonton film tanpa ada subtitle bahasa Indonesia. Jika masih kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris Anda.

4. Sering membaca literatur berbahasa Inggris

Nah, membaca. Membaca memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia sih. Tapi tentu saja meski Anda tidak suka, Anda tetap harus mulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading)

5. Tekuni membaca kamus bahasa Inggris

Tidak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Anda juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosa kata) Anda.

 

 

3 dari 4 halaman

6. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan

Jika selama mendengarkan musik, menonton film, dan membaca dalam bahasa Inggris dan Anda menemukan kata-kata asing yang tidak Anda mengerti. Jangan hanya dilewati saja. Catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa inggris.

7. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Berikutnya ketika vocabulary bahasa Inggris Anda sudah banyak. Mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing Anda meningkat.

8. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Nah, sebelum Anda mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya Anda belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar Anda fasih dan tidak kagok.

9. Jadikan kebiasaan

Jadikan semua 8 cara di atas sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan bahasa Inggris Anda dapat meningkat dengan cepat.

10. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun

Jangan malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapanpun dan di manapun.

4 dari 4 halaman

11. Gunakan internet untuk latihan berbahasa Inggris secara gratis

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak bagi pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris secara benar.

12. Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris

Lihatlah lingkungan sekelilingmu, apakah ada seseorang yang Anda kenal fasih berbahasa Inggris? Ajaklah kenalan Anda untuk berbicara bahasa Inggris saat berbicara dengan Anda. Hal ini akan membantu kemampuan speaking Anda.

13. Bertemanlah via internet dengan orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris

Di zaman perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, berteman dengan orang asing sangatlah mudah. Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa Anda sedang belajar berbahasa Inggris.

14. Kursus

Langkah terakhir adalah dengan kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika Anda kesulitan untuk menerapkan ke 13 cara di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Anda pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris.

Jika cara di atas Anda coba dengan rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa Inggris Anda pun akan meningkat secara perlahan.

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Cara Membuat Bolu Kukus Lezat, Mekar, dan Tidak Amis
Artikel Selanjutnya
14 Cara Memuaskan Suami di Atas Ranjang dan Bikin Betah di Rumah