Sukses

Tanpa Sadar, 5 Hal Ini Akan Menyebarkan Bakteri Lebih Banyak di Rumah

Ternyata, lima hal yang sering dilakukan ini akan menyebarkan bakteri lebih banyak lagi di rumah

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua rumah pernah didapati dalam keadaan berantakan dan kotor. Hal ini membuat rumah perlu dibersihkan setiap hari. Agar debu dan kotoran yang ada di rumah tidak terlalu menumpuk. Selain itu, terlalu banyak perabotan akan membuat rumah Anda terlihat seperti kapal pecah jika tidak diletakkan di tempat yang tepat.

Sesering apapun Anda membersihkan rumah, tanpa sadar beberapa hal berikut ini sebenarnya akan membuatnya bisa lebih berantakan. Melansir dari Real Simple, Selasa (29/5/2018) beberapa hal ini memang akan membuat rumah Anda lebih berantakan. Namun jika bisa diperbaiki akan membuat tampilan rumah menjadi lebih rapi.

1. Menutup pintu mesin cuci

Setiap kali menggunakan mesin cuci mungkin Anda selalu menutup pintunya setelah digunakan agar ruang cuci terlihat lebih rapi. Namun kebiasaan ini justru akan membuat bagian dalam mesin menjadi sangat lembap dan akhirnnya berjamur. Jika mesin cuci sudah berbau jamur, akan membuat pakaian yang dicuci juga menjadi berbau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menggunakan handuk kertas

Penggunaan handuk kertas ketika membersihkan cermin atau jendela dapur mungkin lebih mudah. Namun menggunakan handuk kertas untuk membersihkan kaca akan menimbulkan goresan. Lebih baik pilih kain mikrofiber yang juga mampu menghilangkan bakteri.

3. Menggunakan semprotan pembersih untuk mencuci kaca mobil

Jika Anda menggunakan semprotan pembersih untuk membersihkan kaca mobil, biasanya akan menciptakan bekas semprotan di kaca mobil ketika mengering. Lebih baik gunakan pembersih busa yang tidak akan membuat bekas tetesan yang mengganggu.

3 dari 3 halaman

4. Menganggap spons Anda bersih

Penelitian menunjukkan spons dapur mengandung banyak bakteri. Sehingga ketika Anda menggunakan spons untuk membersihkan microwave dan menggunakannya kembali untuk membersihkan bagian dapur lainya, maka Anda sama saja menyebarkan bakteri. Anda perlu mengganti spons dapur secara rutin, paling tidak seminggu sekali.

5. Tidak membersihkan ponsel

Kini, hampir semua orang tidak pernah bisa lepas dari ponsel. Studi menemukan bahwa ponsel membawa lebih banyak kuman daripada tempat duduk toilet. Untuk membuat kuman di ponsel tidak menyebar, bersihkan secara rutin. Anda bisa membawanya ke counter ponsel atau costumer service ponsel untuk melakukan pembersihan elektronik yang aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.