Sukses

Tips Memilih Sabun Mandi yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Simak ragam pilihansabun mandi yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Jakarta Pernah mengalami reaksi kulit gatal, kering, atau mungkin masih bersisik setelah mandi? Jika kita pernah mengalami masalah kulit di atas, fyi, itu belum tentu kulit kita termasuk tipe sensitif. Bisa jadi sabun mandi yang kita gunakan tidak sesuai dengan kulit tubuh.

Saat membeli sabun mandi, perempuan cenderung fokus pada aroma yang dihasilkan olehsabun tersebut. Padahal, hal penting yang perlu dicermati bukanlah aromanya, melainkan keseimbangan pH pada sabun mandi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa itu pH?

pH atau potential hydrogen adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui kadar keasaman. Jika kita memerhatikan dengan baik sabun mandi yang kita gunakan, di dalam kemasan akan menjelaskan berapa tingkat pH yang dimiliki oleh sabun mandi itu.

Tingkat keasaman pH  dihitung dari 1 sampai 14. Kategori pH asam ada di angka 1 – 6. Sedangkan pH yang tergolong netral adalah 7. Tingkat pH dari 8 – 14 termasuk dalam kategori basa.

3 dari 3 halaman

Lalu, berapa pH yang aman untuk sabun mandi?

Tingkat keasaman (pH) yang aman untuk sabun mandi harian yang kita gunakan ada di angka 4.5 sampai dengan 5.5.

Apa manfaat pH di dalam sabun mandi?

pH bermanfaat sebagai pelindung dari bakteri, polusi, dan racun.

Apa yang terjadi jika kita menggunakan sabun mandi dengan pH berlebih?

Biasanya iritasi akan mudah terjadi pada kulit, seperti kemerahan, gatal, kulit menjadi kering, alias kelembapan kulit menurun.

Oleh: Arisa Muharliza

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.