Sukses

5 Cara Menghemat Anggaran Makan Saat Traveling

Ingin traveling dengan anggaran terbatas? Intip 5 tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pasti Anda sering mendengar kalau orang yang suka traveling rela menghabiskan uang untuk memuaskan hasratnya. Namun ternyata, kita tidak harus boros bila ingin traveling. Anda bisa menekan anggaran dengan cara menghemat uang makan.

Anggaran untuk traveling memang relatif. Ada yang besar dan ada juga yang kecil. Tergantung lokasi dan cara Anda mengaturnya. Namun, untuk lebih menghemat anggaran traveling, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat anggaran makanan seperti yang dirangkum oleh DuitPintar.com berikut ini.

1. Mengatur anggaran makan

Kalau Anda tipe seorang penikmat liburan, Anda pasti tidak asing dengan cara menghemat uang makan yang satu ini. Mengatur biaya makan memang terdengar sepele, tapi ketika dijalani saat liburan, tiba-tiba terasa agak berat.

Wajar, sebab ketika liburan itu pasti ingin beli ini dan beli itu. Tidak terasa uang untuk makan habis karena tidak terkontrol. Nah, mengatur biaya uang makan saat liburan ini sangat penting.

Sebaiknya Anda menghitung berapa besaran biaya makan yang dibutuhkan saat traveling. Kalau biaya makan sudah diatur sebaik mungkin, maka Anda bisa menghemat uang makan saat liburan secara terencana.

2. Jadwal makan

Saat traveling itu pasti ingin makan, ngemil, atau apa pun yang bisa dikunyah di mulut. Kadang kita tidak tahu waktu kapan buat makan besar dan kapan waktunya ngemil.

Saat traveling bersama teman di pantai misalnya. Anda pasti bersenang-senang sambil makan, minum, dan ngemil. Boleh-boleh saja, asal tahu waktu. Tidak perlu setiap saat lagi kumpul sama teman harus pakai acara makan-makan.

Ikuti waktu makan seperti biasa aja. Sarapan, makan siang, dan makan malam. Jangan mentang-mentang lagi liburan, makan seenaknya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hindari makan di restoran

Menikmati traveling dengan makan di restoran unik memang menjadi sensasi tersendiri. Tapi jangan salah ya, kalau terus-terusan makan di restoran, tentunya pengeluaran akan bengkak. Tahu sendiri kan daftar harga menu restoran itu pasti lebih mahal dibandingkan tempat makan biasa.

Memilih tempat makan biasa saja dengan harga terjangkau jadi salah satu cara menghemat uang makan paling mujarab saat traveling. Jangan salah lho, tempat makan di pinggir jalan yang murah meriah juga banyak yang enak. Istilahnya, harga kaki lima, rasa bintang lima.

4. Pilih makanan khas lokal

Cara menghemat uang makan saat traveling sebenarnya sederhana. Anda tinggal pilih makanan khas daerah lokal yang Anda kunjungi.

Misalkan, liburan ke Bandung. Anda bisa pilih makanan khas sana, seperti batagor atau mie kocok. Bila Anda liburan ke Yogyakarta, menu gudeg yang sering dijajakan bisa jadi pilihan.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Manfaatkan promo atau diskon

Gunakan voucher diskon atau promo restoran untuk menghemat uang makan. Diskon 15 atau 20 persen saja sudah dapat membuat anggaran menjadi hemat. 

Kalau Anda ingin cari tahu restoran mana saja yang lagi promo atau diskon, kunjungi situs-situs travel.

Anda juga bisa mengikuti kuis di situs-situs travel tertentu dengan hadiah voucher makan gratis di restoran. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.