Sukses

Ingin Kerja di Rumah dengan Fokus? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan zaman, budaya bekerja di kantor akan menjadi luntur. Banyak orang yang kini memilih bekerja dari rumah. Selain dinilai lebih efektif dari segi waktu, bekerja di rumah memberikan nuansa yang berbeda ketika Anda bekerja. Anda tidak lagi harus berkutat pada kemacetan. Namun bekerja di rumah bukan tanpa tantangan.

Tantangan bekerja dari rumah datang dari diri sendiri. Di mana hawa mager alias males gerak akan lebih banyak terjadi jika Anda bekerja dari rumah. Seakan kasur di rumah Anda terus memanggil Anda yang berakibat pada berkurangnya produktivitas Anda dalam bekerja. Dilansir dari Popsugar pada Rabu (10/1/2018), terdapat beberapa tips yang bisa Anda coba agar tetap fokus bekerja meski dari rumah.

1. Tunjukkan syukur

Lingkungan kerja mempengaruhi semangat Anda dalam bekerja. Karena struktur dan designnnya membuat orang berpikir untuk tidak harus bekerja di kantor. Saat Anda bekerja dari jarak jauh, mungkin Anda sedikit sulit mengatur mood Anda.

Mulailah hari dengan rasa syukur secara umum untuk bangun, untuk kesehatan Anda, dan atas kemampuan Anda mendatangkan penghasilan. Anda juga bisa memulai hari dengan berolahraga, sarapan pagi, menenangkan pikiran, meditasi atau berdoa. Membawa Anda dalam sikap bersyukur akan meringankan resiko tidak adanya motivasi ataupun semangat dalam bekerja.

1 dari 3 halaman

Ingin Kerja di Rumah dengan Fokus? Ini Caranya

2. Atur dan patuh pada jadwal

Bekerja di rumah membuat Anda memiliki waktu yang tak terbatas. Percayalah, waktu berjalan dengan begitu cepat jika Anda menentukan jadwal pekerjaan Anda. Penting bagi Anda untuk menetapkan jam kerja Anda sendiri sehingga Anda tahu apa yang harus Anda kerjakan. Sesuaikan jadwal kerja yang Anda buat dengan waktu produktif tubuh Anda. Jika Anda merasa lebih produktif di malam hari, Anda harus mengatur jadwal pada malam hari.

3. Hilangkan gangguan yang tidak penting

Anda akan selalu hilang fokus jika terus sibuk dengan media sosial, mencari berbagai berita utama, ataupun beinteraksi dengan teman Anda di Facebook. Lebih baik matikan telefon genggam Anda sehingga Anda bisa bekerja tanpa gangguan. Buat jadwal kapan Anda bisa mengecek email dan matikan semua notifikasi tidak penting. Menyingkirkan segala gangguan tersebut akan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja karena Anda bisa fokus saat bekerja dari rumah.

2 dari 3 halaman

Ingin Kerja di Rumah dengan Fokus? Ini Caranya

4. Pilihlah lagu yang tepat

Suasana hati Anda dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti TV, cuaca, dan musik. Musik memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perasaan Anda. Jika Anda lebih suka mendengarkan musik saat bekerja, pastikan lagu yang Anda pilih dapat membangun mood sehingga Anda tetap mampu bekerja dengan semangat yang positif.

5. Tentukan batas untuk keluarga dan teman Anda

Pastikan ketika membuat jadwal kerja tidak bentrok dengan kegiatan sosial Anda. Meski Anda sibuk bekerja namun jangan lupakan kehidupan sosial yang masih harus Anda jalani. Sesuaikan jadwal bekerja dengan jadwal kehidupan sosial untuk keluarga dan teman sehingga keduanya tidak saling bertabrakan.

Artikel Selanjutnya
Kurang Fokus Saat Bekerja? Lakukan 5 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
6 Zodiak Ini Bekerja Terlalu Keras dan Butuh Piknik