Sukses

Enak dan Murah, Aming Coffee Jadi Tempat Kongko Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mampir ke Aming Coffee yang menjadi salah satu kedai kopi terenak dan murah di Pontianak, Kalimantan, Kamis (28/12/2017). Warung kopi yang bertempat di Jalan Haji Abas I ini konon menjadi ikon kota Pontianak karena selalu ramai pengunjung.

Bahkan ada pengunjung yang datang sebelum warung dibuka, sekitar pukul 05.30 WIB. Padahal, warung kopi masih dibersihkan oleh para karyawannya. Limin Wong, pemilik Aming Coffee mengatakan, ramainya pengunjung yang datang ke warung kopinya karena racikan kopi robusta miliknya. Tak hanya itu, Limin Wong berhasil membuat suasana warung kopi seperti di rumah bagi dirinya, karyawan, dan pelanggannya.

"Kopi robusta racikan sendiri. Kopinya segar terus. Kita buat kopi disesuaikan dengan keadaan. Kopi yang dihidangkan selalu panas dan segar," ucap Limin Wong.

Warung kopi ini buka pada pukul 05.30 WIB hingga 23.00 WIB. Namun tak jarang Limin tetap membuka warung kopinya hingga 00.00 WIB karena masih banyak pelanggan yang duduk.

1 dari 3 halaman

Aroma kopi yang bikin kangen

Menurutnya, aroma kopi robusta racikan selalu membuat orang rindu untuk kembali mencicipinya. Soal harga, Anda tak perlu khawatir. Kopi di Aming Coffee sangat terjangkau, yakni kisaran Rp 9 ribu saja. Aming Coffee menyediakan menu kopi hitam dan kopi susu. Harga ini tentunya jauh lebih murah dibanding harga kopi zaman sekarang.

Limin menuturkan, biji kopi yang ia gunakan adalah biji kopi yang didatangkan dari Punggur, Kabupaten Kubur Raya, dan Sumatera. Biji kopi tersebut dikirimkan melalui jasa pengiriman hanya pada musim panen saja, untuk menjaga kesegaran kopi itu sendiri.

"Sekali kirim 10 ton dari Sumatera. Dari Punggur, 100 kilogram pas panen," kata Limin Wong.

Di Aming Coffee tersedia 100 buah kursi dan 40 meja untuk para pengunjung. Selain kopi, warung kopi ini juga menyediakan camilan tradisional, seperti kue lemper, cengkarok, gamat, dan cucur. Menurut Limin, kue-kue tersebut merupakan titipan penjual lainnya.

Berdiri sejak 2002, bukan berarti Limin tidak mengalami pasang surut. Awalnya, ia membuka warung kopi ini di rumah pamannya. Karena budaya "ngopi" belum ramai, Limin hanya membuka warungnya di sore hari. Tiga tahun kemudian, budaya "ngopi" semakin berkembang di Pontianak dan warung kopi Limin juga semakin ramai. Ia pun bergantian mengurus warung kopi keluarga ini bersama adiknya.

 

2 dari 3 halaman

Presiden Joko Widodo mampir ke Aming Coffee

 

Beginilah suasana kedai kami saat dikunjungi Presiden RI, @jokowi. Banyak Sahabat memanfaatkan momen berpose bersama. Keluarga besar Aming Coffee juga mendapatkan kesempatan foto bersama. . . . #amingcoffee #kulinerpontianak #instafood - #regrann #amingcoffee #coffee #coffeemilk #coffeeaddicts #coffeeaddicted #coffeeholics #coffeetime #coffeeshop #kopi #kopihitam #kopipagi #kopisusu #kopilokal #kopiindonesia #robusta #kopirobusta #kuliner #pontianak #oleholehpontianak #srikaya #srikayapontianak #gojekindonesia #gojekpontianak #srikayaamingcoffee #pisangsrikaya #kapandandimanapun @amingcoffee Wa: 08983111897 Fanpage: Sahabat Wk. Aming Twitter: @amingcoffee Website: amingcoffee.com Bukalapak: aming coffee Tokopedia: aming coffee Citarasa Kopi Sesungguhnya

Sebuah kiriman dibagikan oleh aming coffee (@amingcoffee) pada

 

Presiden Joko Widodo yang merupakan penggemar kopi, saat melakukan perjalanan kerjanya di Pontianak, menyempatkan diri berkunjung ke Aming Coffee bersama Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan beberapa wartawan. Presiden Jokowi sendiri memesan kopi susu di Aming Coffee yang dibanderol Rp 9 ribu. Ia memuji kopi susu ala Aming Coffee yang dinilai enak dan murah. Limin sendiri tidak menyangka orang nomor satu di negeri ini akan "nongkrong" di warung kopi miliknya.

Artikel Selanjutnya
Berkaus Tagar 2019 Tetap Jokowi, Relawan Punguti Sampah di Bundaran HI
Artikel Selanjutnya
Pujian Airlangga untuk Jokowi sebagai Presiden Multimoda Transportasi