Sukses

7 Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah terpikir ingin kuliah di jurusan sastra, tetapi masih bertanya-tanya setelah lulus akan dapat pekerjaan apa? Kadang beberapa orang menanggapinya dengan santai. Namun, enggak jarang juga yang merasa panik. Bahkan, diam-diam ada sedikit rasa menyesal karena telah mengambil jurusan tersebut. Tenang saja, lulusan sastra bukan berarti Anda harus selalu jadi sastrawan, lho! Ada banyak banget ladang pekerjaan yang tersedia.

1. Editor di Penerbit Buku

Baik penerbit maupun media, keduanya membutuhkan editor bahasa. Mereka mematok syarat khusus untuk jabatan ini, yakni lulusan sastra. Peraturan ini dibuat mutlak, artinya jurusan lain tidak bisa melamar untuk posisi ini. Itu berarti, Anda tak perlu khawatir, sebab pesaing sama-sama dari jurusan sastra. Jadi, peluang yang terbuka untuk Anda pun semakin lebar.

2. Jurnalis

Nah, untuk Anda yang suka kegiatan menulis dan membaca, jurnalis merupakan pekerjaan yang pas banget buat Anda. Jurnalis yang dimaksud bukan hanya untuk media cetak, karena kini perkembangan dunia digital juga semakin pesat. Saat ini, media online juga memberi kesempatan lebih besar untuk menjadi seorang jurnalis. Salah satu hal yang menarik dari pekerjaan jurnalistik adalah Anda menjadi orang pertama yang dapat mengetahui peristiwa di sekitar Anda. Asyik, kan?

3. Copywriter

Lulusan fakultas sastra yang terbiasa membuat kalimat indah dan menarik, cocok banget untuk menjadi copywriter. Seperti apa sih tugas copywriter? Tugasnya yaitu menulis naskah iklan untuk perusahaan yang nanti akan disiarkan di berbagai media, baik media cetak, online, televisi, maupun radio. Namun, pekerjaan copywriter juga harus mengikuti proses kreatif, mulai dari brainstorming ide hingga eksekusi dengan perusahaan pengiklan. Cocok banget nih untuk Anda yang punya banyak ide menulis!

 

 

1 dari 3 halaman

7 Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra

4. Pengajar

Siapa di antara Anda yang memiliki passion mengajar? Jadi, tenaga pengajar memang kesannya klasik sih, tetapi aslinya menjanjikan, lho! Satu hal yang pasti adalah Anda akan mendapat pahala karena membantu banyak orang. Jadi guru atau dosen juga akan menciptakan image "pintar dan berkelas"! Saat ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pengajar, bahkan yang bukan berasal dari sarjana pendidikan. Namun, Anda jangan jadi tenaga pengajar yang asal-asalan ya! Karena Anda harus tahu apa-apa saja yang harus dipersiapkan, termasuk metode-metode pengajarannya. Jika Anda ingin menjadi dosen, Anda harus kuliah minimal sampai S2 ya! Karena kebanyakan kampus mengharuskan calon pengajarnya minimal bergelar magister. Selain itu, menjadi guru maupun dosen juga akan membuka pintu lebar untuk Anda menjadi pegawai negeri sipil.

5. Lembaga Budaya

Kalau Anda enggak tertarik bekerja di bidang yang "sastra" banget, bekerja di lembaga budaya bisa jadi pilihan yang pas, lho! Dengan kemampuan bahasa yang Anda punya plus pengetahuan tentang budaya nusantara maupun asing, Anda bisa jadi bahan pertimbangan lembaga budaya untuk menjadikan Anda karyawannya. Kalau Anda bekerja di lembaga budaya, Anda bisa ikut andil dalam melestarikan budaya, khususnya budaya negara kita sendiri. Pasti seru banget bisa bekerja di tempat yang anti-mainstream.

2 dari 3 halaman

7 Prospek Pekerjaan Lulusan Sastra

6. Pariwisata

Untuk Anda yang suka jalan-jalan dan senang bertemu orang baru, Anda cocok banget untuk bekerja di bidang ini! Pekerjaan di bidang jasa ini membutuhkan skill bahasa yang bagus serta interaksi yang baik dengan para turis lokal maupun mancanegara. Lulusan sastra, khususnya sastra Inggris, bisa menjadi jadi tour guide di sebuah travel agent. Kalau lulusan sastra Arab, bisa saja jadi manajer hotel di Dubai. Anything can happen!

7. Kedutaan Asing

Kamu tahu enggak? Saat ini, kesempatan bekerja di kantor kedutaan bukan cuma milik anak jurusan hubungan internasional aja, lho! Lulusan sastra asing juga memiliki kesempatan yang sama. Kamu cukup menguasai dua atau tiga bahasa asing dan fasih menggunakannya dalam berkomunikasi, ditambah punya pengetahuan politik khususnya politik luar negeri, itu sudah cukup menjadi modal untuk Anda bisa bekerja di kedutaan. Kuncinya, Anda harus percaya sama kemampuan Anda, ya!

Tak perlu ragu lagi, Anda bakal menemukan banyak sekali kampus yang menyediakan pendidikan terkait ilmu sastra ini, karena memang prospek di masa depan juga menjanjikan.

Artikel Selanjutnya
Mau Magang di BUMN Konstruksi? Yuk, Cek Infonya di Sini
Artikel Selanjutnya
25 Pekerjaan Bergaji Besar untuk Orang Kreatif, Apa Saja?