Sukses

Mengenal Desa Marikurubu Ternate, Asal Cengkeh Tertua di Dunia

Di Desa Marikurubu Ternate inilah pernah tumbuh pohon cengkeh tertua di dunia bernama Afo.

 

Liputan6.com, Jakarta Desa Marikurubu terletak di kaki Gunung Gamalama yang notabene menjadi ikon Ternate, Maluku Utara Desa ini berada di ketinggian kurang lebih 700 meter di atas permukaan laut (DPL) dengan udara sejuk di sekelilingnya.

Hamparan perkebunan cengkeh dengan pemandangan Gunung Gamalama yang indah bakal Anda temui melakukan perjalanan ke kawasan desa Marikurubu.

Bagi yang belum tahu sejarah desa Marikurubu pasti akan menganggap desa ini biasa saja dan hanya bisa menikmati udara sejuk pegunungan dan perkebunan. Lain cerita jika Anda tahu keunikan desa ini.

Desa Marikurubu menjadi bagian penting sejarah dunia sebagai daerah asal pohon cengkeh tertua di dunia.

Namanya cengkeh Afo, sebelum akhirnya pohonnya tumbang sekitar tahun 2000-an, pohon cengkeh Afo berusia lebih dari empat abad dan sudah ada sejak masa kolonialisme atau zaman penjajahan oleh bangsa eropa dulu. Bahkan Ternate menjadi pusat rempah-rempah pada jamannya. Ini pula yang menarik para pedagang asal Spanyol, Portugis dan Belanda berebut ke daerah ini.

Dimasa-masa akhirnya keberadaannya tahun 2000-an, Afo masih mampu menghasilkan cengkeh hingga 600 kilogram saat musim panen.

Data Dinas Perkebunan Propinsi Maluku Utara menyebutkan cengkeh Afo generasi pertama yang sudah mati ini berusia 416 tahun. Dijelaskan Cengkeh Afo 1 memiliki ukuran 36,60 meter. Sedangkan garis tengahnya 1,98 meter. Cengkeh Afo 1 memiliki lingkaran batang yang cukup besar yakni 4,26 meter.

Meskipun Cengkeh Afo 1 sudah punah, namun saat ini pemerintah setempat telah mengembangkan generasi cengkeh varietas yang sama yakni Cengkeh Afo 2, Afo 3, dan Afo 4. Ketiga pohon cengkeh tersebut tumbuh di lokasi yang sama dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan. Pohon cengkeh tersebut dipelihara oleh pewaris generasi ke VI keluarga Arifura Hadi.

Desa Marikurubu terletak tidak kurang 5 kilometer dari pusat kota. Desa ini bisa dicapai dengan berbagai moda transportasi seperti sepeda motor dan mobil. Jika Anda memiliki agenda wisata keluarga ke Ternate, luangkanlah waktu mengunjungi Desa Marikurubu untuk menikmati suasana perkebunan cengkeh dan pegunungan Gunung Gamalama.

 

Powered By:

Terios 7 Wonders: Wonderful Moluccas 

#terios7wonders

#wonderfulmoluccas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini