Sukses

5 Fakta tentang Nihiwatu yang Menjadikannya Hotel Terbaik Dunia

Nihiwatu atau Nihi Sumba Island kembali terpilih sebagai hotel terbaik dunia versi majalah Travel+Leisure untuk kedua kalinya.

Liputan6.com, Jakarta Pariwisata Indonesia kembali menorehkan reputasi yang baik dalam kancah internasional. Nihi Sumba Island yang sebelumnya dikenal dengan nama Nihiwatu Resort terpilih kembali sebagai hotel terbaik dunia (World Best Awards) 2017 versi majalah Travel+Leisure. Pengumuman kemenangan tersebut diterima Nihi Sumba Island secara resmi pada Selasa kemarin, 11 Juli 2017.

Selain punya keindahan alam yang menawan, ternyata banyak faktor lain yang menjadikan Nihi Sumba Island berhasil terpilih menjadi yang terbaik dan membawa nama harum pariwisata Indonesia. Berikut beberapa fakta menarik tentang Nihi Sumba Island yang menjadikannya hotel terbaik di dunia untuk kedua kalinya, seperti yang disusun Liputan6.com, Rabu (12/7/2017).

Kearifan Lokal
Nihi Sumba Island merupakan hotel yang berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan bentuk kearifan lokal masyarakat sekitar. Hotel ini menjadi tempat akomodasi yang artistik, natural dengan sentuhan kearifan lokal yang autentik. Hal tersebut terlihat dari interior hotel yang didominasi oleh desain kayu yang khas.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ecoturism

Ekowisata atau yang dikenal dengan ecoturism merupakan aktivitas wisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, selain juga aspek pemberdayaan sosial ekonomi budaya masyarakat sekitar. Hal inilah yang dijalankan Nihi Sumba Island dalam menjalankan bisnis hotel.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri mengatakan, “Kemenangan Nihi Sumba Island sekaligus menunjukkan tren pariwisata saat ini menuju ke arah ecoturism, yang melestariakn budaya lokal. Saya bangga Nihi Sumba menjadi contoh sukses ecoturism yang saat ini coba diterapkan di Indonesia.”

3 dari 5 halaman

Kenyamanan

Soal kenyamanan, Nihi Sumba Island dianggap sudah berada di atas rata-rata. Hotelini memiliki vila dengan tiga kamar berbentuk rumah pohon. Lokasinya yang berada di atas tebing, membuat pengunjung bisa menyaksikan keindahan Samudera Hindia dari dalam kamar. Tak hanya itu, hotel ini juga punya lebih dari 33 akomodasi vila dengan kolam renang pribadi dengan pemandangan indah ke Pantai Nihi.

4 dari 5 halaman

Menyediakan Beragam Atraksi Wisata

Mulai dari paket “safari spa” seharian penuh hingga eksplorasi pulau, semua bisa dilakukan saat pengunjung menginap di Nihi Sumba Island. Anda juga bisa merasakan aktivitas treking menuju beberapa lokasi air terjun yang belum banyak dijamah, serta menyusuri sawah dan menemukan desa lokal dengan beragam budaya dan hasil seni yang memukau. Tak hanya itu, bahkan Anda bisa menyicip makanan lokal dengan jamuan kelapa muda segar yang baru diambil dari pohonnya.

5 dari 5 halaman

Membangun Ekonomi Masyarakat

Dengan sumber daya dan keuntungan yang dimiliki sebuah resor mewah, Nihi terus menciptakan kesadaran akan isu-isu yang dihadapi masyarakat lokal. Menyediakan lapangan kerja dan layanan yang menumbuhkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga, dan mendukung kebutuhan dasar, seperti klinik kesehatan, makan siang bergizi untuk anak-anak sekolah, dan menyediakan akses terhadap air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.