Sukses

Perjuangan Evie Tavipi, Pengemudi Wanita yang Hidupi Keluarga

Ini yang terjadi pada Evie Tavipi, orangtua tunggal yang harus berjuang menghidupi diri dan tiga anaknya.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua tunggal tidaklah mudah bagi para wanita. Mereka harus bekerja keras menjadi tulang punggung keluarga. Apalagi jika anak mereka masih belum bisa mandiri.

Namun, tidak banyak pilihan bagi mereka selain terus berjuang. Pekerjaan yang cukup fleksibel dengan penghasilan yang cukup baik pun menjadi pilihan yang tepat bagi mereka.

Inilah yang terjadi pada Evie Tavipi, seorang orangtua tunggal yang harus berjuang menghidupi ia dan tiga anaknya. Pada Juni 2010, ia mulai menjadi orangtua tunggal sepeninggalan suaminya.

"Kemudian saya putar otak supaya cash flow keluarga saya tetap berjalan dengan anak tiga. Saat itu kondisi anak saya baru saja lulus SMA," ujar Evie di acara #SheMovesUs di Jakarta, Kamis (28/4/2017).

Ia pun memutuskan untuk menjadi driver Uber. Dari situ, ia mampu menghidupi keluarganya bahkan kini menjadi motivator dalam program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Perjuangan memang tidak mudah. Ia harus mampu membagi waktunya untuk bekerja dan ada untuk anak-anaknya. Belum lagi tantangannya selama menjadi pengemudi yang tidak sedikit.

Misalnya, macet yang tak terhindarkan. Stres di jalan, hingga pengalaman tidak menyenangkan dengan penumpang. Namun, semua dihadapinya dengan sabar hingga akhirnya dewi fortuna berpihak kepadanya.

Anak pertamanya yang sempat diterima di Univertas Gadjah Mada, namun terpaksa dipindahkan ke Universitas Negeri Jakarta. Sebab, Evie merasa berat jika harus membiayai dua dapur.

Keputusan itu sebenarnya tepat karena anaknya justru berprestasi dan kini sedang menempuh pendidikan S2 di Korea Selatan melalui beasiswa. Anak keduanya pun diterima di Universitas Padjajaran. Dan anak ketiganya berprestasi menjadi atlet.

"Asal kita mau berusaha pasti ada jalan. Wanita harus kuat," ujar Evie.

Consumer Communications Lead Indonesia Uber, Novita Sari mengatakan, dalam merayakan Hari Kartini tahun ini, Uber mengapresiasi para mitra pengemudi perempuan yang telah menggerakkan kota-kota di Indonesia, baik melalui layanan UberMotor dan UberX melalui kampanye #SheMovesUs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.