Sukses

Waspadai 5 Tanda Pernikahan Tidak Sehat

Waspadai tanda-tanda pernikahan tidak sehat yang menggerogoti kebahagia Anda dan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Ada pepatah mengatakan bahwa pernikahan dibuat di surga. Nah, ternyata hal itu bisa diperdebatkan! Sementara beberapa pasangan berhasil menangani pernikahan mereka dengan baik, ada orang-orang yang tidak bisa membiarkan satu hari berlalu tanpa perdebatan, dan pertengkaran. 

Sebuah pernikahan yang sehat adalah adanya rasa persahabatan satu sama lain. Jika itu tidak terjadi, maka kemungkinan bahwa perkawinan dan hubungan Anda akan layu. Berikut adalah beberapa tanda-tanda pernikahan yang tidak sehat seperti dilansir dari magforwomen.com, Selasa (14/02/2017).

1. Ada Perselingkuhan
Salah satu dari Anda berdua sudah mulai berselingkuh dengan orang lain adalah tanda pertama pernikahan yang tidak sehat. Jika Anda atau pasangan sudah menemukan kenyamanan yang lebih baik di luar, maka itu sinyal terbesar dan paling jelas bahwa Anda tidak lagi tertarik pada pasangan Anda.

2. Terlalu Banyak Perbedaan
Walaupun memiliki perbedaan pendapat adalah normal, memiliki terlalu banyak perbedaan dapat membawa beberapa masalah serius, terutama ketika tak satu pun dari Anda siap untuk menerima pandangan orang lain. Ini bisa berarti terlalu banyak argumen dan perkelahian, yang akhirnya membunuh cinta dan harmoni dalam pernikahan.

3. Pengorbanan yang Tidak Seimbang
Situasi seperti ini berarti bahwa salah satu dari Anda adalah membuat lebih banyak pengorbanan dari yang lain. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan bentrokan, dan juga membunuh kebebasan individu dan kebahagiaan antara Anda dan pasangan. 

4. Tidak ada Komunikasi
Apakah Anda sudah mulai berhenti berbicara satu sama lain? Apakah percakapan Anda hanya terbatas pada membicarakan tentang membayar tagihan atau siapa yang menjemput anak-anak dari sekolah? Ketika Anda berhenti berbagi hal-hal penting dari hidup Anda dengan pasangan, atau ketika merasa sudah tidak tertarik dalam berbicara tentang sesuatu yang berhubungan dengan hidup, maka itu adalah tanda yang jelas dari pernikahan yang tidak sehat. Ini hanya berarti bahwa Anda tidak lagi tertarik pada satu sama lain dan hampir tidak peduli tentang urusan masing-masing.

5. Kesamaan yang Tidak Sehat
Anda pemboros dan begitu juga dia. Anda tidak peduli tentang penghasilan tetap dan ia juga tidak. Suatu hari, Anda berdua akan menemukan diri Anda bangkrut dan akan berhadapan dengan masa-masa sulit dan kesengsaraan. Saat itulah Anda berdua akan berakhir dengan saling menyalahkan. Pernikahan yang sehat adalah yang mana setiap pasangan tahu bagaimana mengontrol kelemahan masing-masing dan di mana mereka dapat bekerja sebagai sebuah tim dan mengambil alih hidup mereka bersama-sama.

 

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini