Sukses

Untuk Anda Orangtua Tunggal, Berikut Tips Liburan yang Bermanfaat

3 cara agar liburan Akhir tahun bersama keluarga tetap terasa menyenangkan, meskipun Anda kini adalah orangtua tunggal.

Liputan6.com, Jakarta Resolusi, perencanaan dan penyelesaian target menjadi perbincangan banyak orang di penghujung tahun. Setelah beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia juga dihangatkan dengan banyaknya kesempatan untuk mendapatkan harga dan barang terbaik dalam “harbolnas”, apakah liburan akhir tahun juga menjadi kegiatan yang paling ditunggu - tunggu? Bisa jadi jawabannya ya.

Siapa sih yang tak ingin berlibur? Jenuh dengan segala aktivitas kerja selama setahun, rasanya perlu untuk memberikan hadiah pada diri sendiri dengan liburan akhir tahun. Termasuk juga untuk para orangtua tunggal. Peran ganda yang dijalaninya untuk mencari nafkah dan juga membesarkan anak pasti memberikan beban lebih bagi para orangtua tunggal. Tak ada salahnya memanfaatkan momen akhir tahun untuk berlibur bersama anak. Sekilas mungkin terbayang merepotkan karena orangtua tunggal harus mengatur dan menjalankan segala sesuatunya sendirian. Padahal jika ada perencanaan yang matang liburan akhir tahun bersama anak tetap akan mengasyikan walaupun berperan sebagai orangtua tunggal.

Dilansir dari frommers.com, Selasa (20/12/2016) ada beberapa hal yang bisa dilakukan para orangtua tunggal agar perjalanan liburannya berjalan menyenangkan.

Pilih Destinasi Wisata untuk Anak Anda Dapat Menemukan Teman Baru

Anak–anak kadang mudah sekali merasa bosan. Kebosanan ini membuat mereka kadang menjadi rewel, uring–uringan dan bisa saja melakukan hal yang memancing emosi. Untuk menjaga mood anak tetap baik, ada baiknya memilih tujuan wisata dimana anak mudah untuk mendapatkan teman sebayanya. Bisa saja memilih pantai dimana banyak anak bermain pasir, taman bermain anak, atau perpustakaan anak.

Libatkan Anak Menyusun Rencana Liburan
Beban Anda sebagai orangtua tunggal akan terasa lebih ringan jika ada tempat berbagi. Orangtua tunggal mungkin sendirian dalam menjalankan peran orangtuanya, tetapi mereka tetap bisa mengajak anak-anaknya turut berperan dalam merencanakan liburan. Mendiskusikan banyak hal seperti tempat berlibur, kota tujuan, hotel yang akan ditinggali, atau apa saja yang akan dilakukan selama liburan nanti bersama anak mungkin akan ada beberapa perbedaan pandangan. Jika sudah ada kesepakatan bersama, anak pun akan memiliki rasa tanggung jawab untuk mewujudkan liburan yang menyenangkan.

Cari Paket Liburan yang Ramah Anak
Sebagai orangtua tunggal yang akan berlibur bersama anak pasti Anda menginginkan kebahagiaan selama liburan tidak hanya dirasakan oleh Anda sendiri tetapi juga bisa dirasakan oleh anak Anda. Perlu rasanya memilih paket liburan yang bukan hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa. Lebih bijaksana untuk para orangtua tunggal memilih paket liburan yang ramah anak dimana agenda dan kegiatannya bisa pula diikuti oleh anak sehingga anak pun bisa merasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang sama dengan Anda selama liburan.

Sudah waktunya segera rencanakan liburan, liburan akhir tahun akan segera tiba. 3 tips di atas semoga bermanfaat untuk para orang tua tunggal yang ingin menikmati liburan bersama anak-anaknya. Selamat berlibur.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini