Sukses

Fenomena yang Akan Anda Lihat Saat Menjelajahi Alaska

Liputan6.com, Jakarta Setiap tempat liburan yang Anda datangi tentu saja memiliki hal-hal yang belum tentu ada di tempat lain dan belum pernah Anda lihat sebelumnya, dan hal itu membuat Anda berdecak kagum dibuatnya. Apalagi jika yang Anda lihat merupakan fenomena alam yang terjadi secara alami tanpa ada campur tangan manusia.

Pernahkan Anda melihat fenomena di tempat yang bersalju? Wajar jika belum, karena Indonesia merupakan negara tropis yang hanya terdapat dua musim saja. Jika Anda ingin melihat fenomena itu, Anda bisa menjelajah Alaska dimana Anda akan melihat banyak fenomena alam yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Seperti yang dilansir dari BBC, pada Rabu (28/09/2016) inilah fenomena alam yang akan Anda lihat saat menjelajah Alaska.

1. Medan es yang luas

foto: Eric Guth

Meliputi 1.500 mil persegi, medan es Juneau di Alaskan adalah salah satu medan es terbesar yang ada di bumi. Hujan salju yang turun disini tingginya mencapai 100 kaki, dataran tinggi membuat sebagian besar salju yang ada mencair selama musim panas berlangsung.

Tapi Gletser Mendenhall bernasib buruk, karena semakin naiknya suhu di bumi setiap tahunnya. Pada tahun 2013, suhu disini mencapai 33C dan suhu itu terus naik selama seminggu, itu adalah suhu yang sangat panas untuk daerah pinggiran Alaska. Dan itu membuat gletser tersebut menyusut sebanyak 100 kaki sejak tahun 2005.

2. Aliran es yang mencair

foto: Eric Guth

Jalur aliran es yang mencair mengungkapkan dunia yang surealis dan sama sekali tak terduga. Air bergegas ke dalam, menetes, dan masuk kedalam sebuah lubang yang dalamnya kira-kira mencapai 300 kaki. Air adalah unsur utama yang ada di dalam gua es, mengikuti aliran yang ada di badan es, dan Anda akan sering melihat ini saat berlibur di Alaska

3. Es berwarna biru

foto: Eric Guth

Karena birunya air yang ada di Alaska serta dinginnya udara disana, menjadikan air-air itu akan membeku dan menjadi es yang sangat indah. Namun es biru ini dapat Anda lihat biasanya ada di dalam gua yang tak tertutup oleh salju.

4. Gelombang air yang membeku

foto: Eric Guth

Es yang ada di Alaska akan mencair dan membuat sebuah genangan-genangan, dan pada saat angin bertiup kencang air akan bergelombang bahkan menjadi ombak. Dan saat membeku air-air yang bergelombang itu akan kembali beku dan akan menjadi sangat indah.

5. Binatang yang tak terduga

foto: Eric Guth

Mungkin saat ke Alaska Anda akan berfikir di sana hanya ada beruang kutub, penguin, atau anjing laut. Namun saat sampai di Alaska, Anda akan menemukan binatang-binatang yang tidak Anda duga sebelumnya. Seperti pada foto diatas terdapat serangga yang dapat hidup di Alaska.

6. Jurang berwarna biru

foto: Eric Guth

Selama musim panas yang hangat, permukaan Gletser Mendenhal akan mencair dan menciptakan warna biru dan putih yang menyilaukan. Karena gletser yang mencair dan air akan mengikuti tempat yang rendah maka celah-celah yang ada akan semakin lebar dan bahkan membentuk sebuah jurang.

(Achmad Rully P)