Sukses

Hobi Gigit Kuku Adalah Tanda Kepribadian yang Satu Ini

Bagimana kepribadian seseorang yang hobi gigit kuku?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mengenal seseorang yang hobi menggigit kuku, atau Anda sendiri memiliki hobi tersebut, maka Anda mungkin akan tertarik mengetahui kepribadian di balik perilaku ini dan apa pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

Dilansir dari Higherperspective pada Senin (19/9/2016), menggigit kuku adalah kebiasaan yang tidak berbahaya, namun tetap memiliki konsekuensi kesehatan tertentu. Menggigit kuku dapat menyebabkan berbagai konsekuensi seperti bentuk kuku yang kurang baik, perlahan-lahan melemahkan fungsi gigi, dan sayangnya juga dapat menyebabkan infeksi tertentu kuku Anda.

Ada banyak alasan mengapa para psikolog mencoba membantu pasien untuk menghilangkan kebiasaan ini dalam kepribadian mereka. Mungkin Anda berpikir bahwa menggigit kuku bukanlah penyakit yang menular. Namun, tak ada salahnya untuk tahu alasan di balik kebiasaan ini, bukan? Kebiasaan menggigit kuku bukan sekedar memperlihatkan rasa gugup, namun juga mengindikasikan bahwa orang tersebut adalah seorang perfeksionis secara dalam mengorganisasi sesuatu.

Dipublikasikan dalam Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, yang mengatakan bahwa seseorang dengan perilaku mengulang seperti menggigit kuku bersifat perfeksionis, dalam arti mereka tidak mampu untuk lebih relaks dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam kecepatan yang normal. Menurut Dr. Kieron O'Connor, sang penulis, orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku cenderung lebih mudah frustrasi, tidak sabaran, dan tidak puas saat tujuan mereka tidak tercapai.

Ya, ternyata seseorang menggigit kuku bukan karena gugup, namun karena merasa frustrasi. Untuk mendapatkan penemuan ini, para ilmuwan harus mempelajari 48 individu. Setengah dari mereka memiliki perilaku mengulang seperti menggigit kuku.

Penelitian ini meminta para individu untuk mengisi survei agar dapat mengetahui bagaimana perilaku mereka dalam keteraturan dan juga bagaimana emosi mereka secara umum. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa para penggigit kuku adalah orang-orang dengan kepribadian paling teratur dan perfeksionis di dunia.

Apa artinya? Jika Anda adalah seorang yang hobi menggigit kuku, berarti Anda cepat frustrasi dan terlalu sering merencanakan hal secara berlebihan, bekerja secara berlebihan, dan frustrasi jika tak ada kegiatan yang pasti dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Mungkin menggigit kuku membantu Anda mengatasi frustrasi untuk sementara, namun Anda harus memikirkan akibat jangka panjangnya pada kuku Anda. 

Mudah-mudahan ini telah memberikan wawasan tentang kepribadian bagi Anda yang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Informasi ini ditujukan bagi Anda yang ingin memperbaiki diri dan menghindari dampak jangka panjang seperti yang dijelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini