Sukses

Jangan Salah, Ini Cara Pilih Cat Tembok yang Tepat!

Liputan6.com, Jakarta Cat tembok memang sangat berpengaruh untuk keindahan rumah. Warnanya yang beragam juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk. Jadi tidak heran jika cat tembok memiliki peranan penting untuk interior rumah.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa memilih cat yang tepat untuk istananya. Padahal tahukah Anda, jika cat tembok sangat berpengaruh kepada kehidupan Anda saat di rumah. Bukan hanya untuk mempercantik interior rumah, tetapi juga berpengaruh kepada kesehatan Anda.

Yup, cat tembok memang sangat berpengaruh kepada kesehatan Anda, karena kandungan yang ada didalamnya bisa menyebabkan kesehatan Anda menurun. Makany, agar itu tidak terjadi, berikut beberapa tips untuk Anda saat memilih cat tembok.

1. Perhatikan Kandungan Pada Bahan

Perhatikan Kandungan Pada Bahan

Agar kesehatan Anda dan keluarga terjamin, pililah cat tembok yang ramah lingkungan dan bebas dari merkuri. Untuk mengetahuinya cukup mudah, Anda bisa melihatnya pada label free lead and mercury, low volatile organic compound, atau green label. Lalu agar rumah Anda semakin nyaman, jangan lupa juga untuk memilih cat yang tidak mengeluarkan bau sebelum ataupun sesudah pengecatan dilakukan. 

2. Jangan Lupakan Lapisan Pada Cat

Jangan Lupakan Lapisan Pada Cat

Setelah bahan yang terkandung pada cat tembok sudah aman, jangan lupa juga untuk cek kandungan pada lapisan cat tembok. Jika rumah Anda sering terkena banjir, pilihlah cat yang memiliki lapisan antijamur. Akan lebih baik juga jika Anda memilih cat tembok yang sudah mempunyai lapisan anti noda, jadi tembok akan selalu terlihat seperti baru.

3. Cari Kandungan UV

Cari Kandungan UV

Bukan hanya cat tembok untuk interior saja yang harus diperhatikan, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan untuk eksterior rumah. Cek terlebih dahulu kandungan UV yang ada di dalamnya, karena ini akan berpengaruh pada warna cat yang sering terkena sinar matahari dan perubahan cuaca ekstrim.

4. Sesuaikan Tema

Sesuaikan Tema

Pemilihan warna juga tidak bisa dianggap enteng lho. Anda harus bisa menyesuaikan warna cat dengan tema warna perlengkapan rumah Anda. Jika Anda tidak yakin dengan pemilihan warna cat tembok, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior.

Ingat cat yang tepat akan membuat istana Anda nyaman dan bebas dari bahaya merkuri.

Powered By:

Avitex