Sukses

5 Jurus Jitu Lulus Kuliah dan Fokus Kerja Secara Bersamaan

Bagi Anda yang menjadi mahasiswa dan pekerja, praktikkan trik terbaik untuk menyelesaikan kuliah namun tetap fokus bekerja saat bersamaan.

Liputan6.com, Jakarta Kerja sambil kuliah mungkin terlihat mudah dan menyenangkan, namun nyatanya tidak jarang di antara mereka yang menyerah di tengah jalan meski sudah berusaha sekuat tenaga. Memang tidak mudah menjalani keduanya, harus bekerja full time di kantor dan di saat yang bersamaan harus menyelesaikan SKS di kampus.

Tidak perlu cemas bagi Anda yang tengah menjalani profesi pekerja sambil kuliah, mengingat ada ribuan orang yang bernasib sama dengan Anda. Seperti disarikan dari laman rasmussen.edu, Senin (5/9/2016), berikut tips terbaik untuk Anda yang bekerja sambil kuliah.

Cari Pekerjaan yang Fleksibel
Mencari pekerjaan yang fleksibel tentu menjadi modal awal yang memudahkan Anda menjalani karier sambil kuliah. Seorang perusahaan yang memahami posisi Anda akan membantu menjadikan diri Anda sukses, baik di tempat kerja maupun di kampus.

Atur Jadwal
Jika Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang fleksibel, ada baiknya untuk mengatur jadwal libur Anda jauh-jauh hari. Mengambil cuti di saat ujian semester akan membantu Anda fokus di kampus.

Terapkan Manajemen Waktu yang Baik
Kunci dari menyeimbangkan kampus, pekerjaan, mata kuliah, dan hubungan percintaan Anda adalah dengan menerapkan manajemen waktu yang baik. Ingat, 30 menit dalam hidup Anda sangat berarti jika sedang mengalami proses bekerja sambil kuliah. Maka gunakan waktu Anda dengan baik dan bijak.

Tetap Fokus
Banyak orang menyerah saat menjalani proses bekerja sambil kuliah. Motivasi terus diri Anda untuk tetap fokus hingga garis finish. Saat berhasil lulus kuliah, Anda akan merasakan kenikmatan perjuangan yang tiada tara.

Terus Belajar
Tidak ada kata selesai untuk belajar. Belajar bisa dilakukan di mana pun, mulai di halte bus hingga di jam istirahat kantor. Anda harus menyadari bahwa bekerja adalah pelajaran itu sendiri. Pengalaman kerja akan membuat Anda tiga kali lebih maju daripada orang lain yang lulus kuliah berbarengan dengan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini