Sukses

Kaum Wanita Ingin Hidup Lebih Lama? Gunakan Cara Ini

Anda ingin panjang umur? Lakukan cara di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebuah studi yang baru saja diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives, kaum wanita yang tinggal di rumah dengan lingkungan hijau di sekitarnya memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada wanita yang tinggal di daerah kurang hijau.

Dilansir dari womansday.com, Kamis (11/8/2016), para peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health and Brigham and Women's Hospital menggunakan data dari 108.630 wanita yang terdaftar dalam Nurses' Health Study di Amerika dari tahun 2000 sampai 2008, membandingkan resiko kematian wanita dari tingkat kehijauan di sekitar rumah mereka.
Para peneliti ini menemukan bahwa wanita yang tinggal di lingkungan hijau memiliki angka kematian secara keseluruhan 12% lebih rendah dibandingkan wanita yang tinggal di daerah tidak hijau.

Penyebab terbesar dari kematian adalah kanker dan penyakit pernapasan, sedangkan wanita yang tinggal di daerah hijau memiliki kemungkinan 34% lebih rendah meninggal karena penyakit pernapasan dan 13% lebih rendah meninggal karena kanker, dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki lingkungan hijau di rumah mereka.

Lantas, apa hubungannya lingkungan hijau dengan kematian?
Seorang wanita yang tinggal di lingkungan hijau tidak akan mengalami efek negatif dari polusi udara, kebisingan, dan udara panas yang ekstrim. Selain itu, para peneliti juga menyatakan bahwa lingkungan hijau memungkinkan wanita yang tinggal di dalamnya untuk melakukan kegiatan fisik dan interaksi sosial lebih rutin. Itulah mengapa tingkat stres yang dihasilkan juga rendah.

Tingkat kehijauan di lingkungan rumah seseorang ternyata berpengaruh terhadap tingkat kematian. Sumber : womansday.com

"Kami terkejut ternyata ada hubungan yang kuat antara lingkungan hijau dengan tingkat kematian yang rendah. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah sebagian besar kesehatan mental yang baik dihasilkan dari tingginya tingkat lingkungan hijau seseorang," papar Peter James, peneliti asosiasi di Harvard Chan School Department of Epidemiology.

Selain sehat, menanam banyak tanaman hijau di lingkungan rumah ternyata juga dapat membuat hidup Anda lebih lama. Menarik, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini