Sukses

10 Tanda Anda Telah Benar-Benar Tumbuh Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia 20 tahun, Anda mungkin akan merasa telah cukup tua. Tentu saja, melewati berbagai fase pendidikan yang berbeda bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, di sini Anda juga akan melihat bahwa lingkungan mulai berubah dari sekolah menjadi koneksi yang lebih luas dan penting, seperti pekerjaan. Anda akan memiliki tanggung jawab terhadap keuangan diri Anda sendiri.

Lantas apalagi tanda-tanda dari memasuki fase dewasa? Dilansir dari mydomaine.com, Senin (11/7/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang menandakan bahwa Anda telah benar-benar tumbuh dewasa.

1. Menyadari bahwa orang tua Anda juga manusia
Mungkin selama ini mereka selalu menjadi sosok yang hebat bagi Anda, namun pada titik ini ada saatnya mereka tidak dapat menyarankan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Bahkan mungkin mereka tidak memahami sepenuhnya apa yang sedang Anda kerjakan sekarang.

Hal terbaik dari semua kekurangan, mereka tetap menjadi teman terbaik Anda selama ini. Anda akan mulai melihat dan menghargai mereka sebagai seorang manusia, bukan hanya sebagai orang tua, dengan melihat pandangan hidup dan karakteristik yang selalu bisa menjadi inspirasi Anda.

2. Anda akan mabuk lebih lama
Dulu, mungkin Anda belum berani mabuk karena berbagai alasan. Sekarang? Banyak faktor yang menyebabkan Anda lebih suka menikmati minuman beralkohol sambil mengobrol bersama teman-teman sepanjang malam.

3. Anda mendapatkan undangan berkumpul bersama keluarga
Lewatlah sudah hari-hari Anda dapat membolos dari berbagai acara keluarga, sekarang mungkin Anda akan mendapatkan berbagai ajakan untuk berlibur bersama keluarga besar.

Di luar masalah pekerjaan yang menumpuk dan terasa tak berkesudahan, Anda akan berterima kasih mendapatkan tawaran untuk perjalanan menyenangkan ini, walaupun hanya selama beberapa hari.

4. Hari raya menjadi waktu untuk memberi bukan menerima
Saat ini mungkin Anda akan menjadi orang yang tiba-tiba gila belanja, karena sadar sudah menjadi orang yang diharapkan hadir dengan berbagai hadiah untuk orang tua dan sanak saudara.

5. Anda benar-benar peduli dengan siapa teman akan berkencan
Anda juga tidak sadar mengapa tiba-tiba menjadi orang yang benar-benar peduli dengan siapa teman-teman terdekat berkencan. Karena sudah mulai merasa jika teman Anda berkencan dengan orang yang benar atau buruk, hal itu akan mempengaruhi lingkup pertemanan sendiri.

6. Anda tidak mengikuti tren pembicaraan kalangan remaja masa kini
Ketika Anda datang ke sebuah tempat umum dan berhadapan dengan beberapa anak muda, tiba-tiba menyadari sama sekali tidak memahami bahasa mereka. Di sinilah Anda merasa memerlukan kamus bahasa masa kini.

7. Anda akan mulai sering mengatakan, "Ketika masih muda, saya..."
Jika memiliki keponakan atau saudara sepupu yang usianya jauh di bawah Anda, maka mungkin akan membuat mereka ternganga-nganga mendengarkan kisah masa kecil. Dan Anda akan merasa kagum karena pernah mengalami kehidupan sebelum semua hal menjadi digital.

8. Menyadari bahwa gerak Anda menjadi lebih lambat
Ya, sekarang Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan sesuatu. Bahkan ketika Anda telah melakukan gym secara teratur, Anda akan mendapati lemak semakin bertambah. Sekarang Anda akan mulai benar-benar memilih apa yang dimasukkan ke dalam tubuh dan berolahraga lebih rutin.

9. Anda akan merasa ulang tahun ke 21 sebagai usia yang ke 26 tahun
Memasuki usia 20 tahun-an, Anda akan mulai memikirkan diri sendiri, seperti kesehatan dan keuangan.

10. Anda akan lebih menyenangi tempat yang rapi dan bersih
Karena menurut Anda, sebuah tempat yang berantakan hanya akan mengganggu kemampuan untuk bekerja, berkarya, dan berkreasi. Sehingga sebelum mulai bekerja, Anda akan selalu memastikan bahwa tempat tersebut rapi dan bersih.